5 Daftar Kampus dan PTN yang Batalkan Kenaikan UKT
Sumber: masuk-ptn.com

News / 29 May 2024

Kalangan Sendiri

5 Daftar Kampus dan PTN yang Batalkan Kenaikan UKT

Claudia Jessica Official Writer
2014

Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia telah mengumumkan pembatalan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk tahun akademik 2024/2025.

Kebijakan ini diumumkan setelah Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim batalkan kenaikan UKT pada Senin, 27 Mei 2024.

Dari keputusan tersebut, ada lima kampus dan PTN yang mengumumkan membatalkan kenaikan UKT.

Berikut adalah lima kampus dan PTN yang membatalkan kenaikan UKT:

1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Martono, menyatakan bahwa pada tahun 2024, UNNES tidak akan memberlakukan kenaikan UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

Melansir tempo.co pada Selasa, 28 Mei, Rektor Unnes mengatakan, "Unversitas Negeri Semarang mengumumkan bahwa pada tahun 2024 tidak memberlakukan kenaikan UKT dan iuran pengembangan institusi atau IPI."

"Aturan teknis sebagai konsekuensi dari hal tersebut akan segera diumumkan melalui media resmi UNNES," tambahnya.

Sebelumnya, mahasiswa sempat memprotes kenaikan IPI yang mencapai Rp 200 juta untuk Program Studi Farmasi dan Kedokteran, namun keputusan ini membatalkan kenaikan tersebut.

 

BACA JUGA: Nadiem Makarim Batalkan Kenaikan Uang Kuliah Tunggal Tahun Ini

 

2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Rektor UNDIP, Suharnomo, mengonfirmasi bahwa tidak ada kenaikan UKT di kampusnya untuk tahun 2024. "UNDIP tahun 2024 ini tidak menaikkan UKT. Tetap sama dengan tahun 2023," kata Suharnomo melalui keterangan tertulis.

UNDIP juga berkomitmen untuk tidak menaikkan IPI tahun ini sebagai bagian dari kontribusi mereka untuk mewujudkan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas.

"Semoga menjadi kontribusi kecil Undip untuk mimpi besar akan keterjangkauan pendidikan yang berkualitas," lanjutnya.

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Plt. Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus, menyatakan bahwa UNS tidak akan menaikkan UKT untuk kelompok 1-8.

"Kalau UKT kita tidak ada rame-rame. Kita sudah bicara dengan mahasiswa bahwa untuk UKT UNS dari 1-8 kan tidak naik. Masih sama seperti tahun sebelumnya," ujarnya pada Selasa, 28 Mei 2024 seperti yang dilansir dari CNN Indonesia

UNS akan menghitung ulang besaran UKT dan IPI untuk memastikan tidak ada kenaikan yang memberatkan mahasiswa.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami