Buat Lagu Rohani Pakai AI, Memang Boleh? Ini Kata Franky Kuncoro
Sumber: CBN

News / 28 May 2024

Kalangan Sendiri

Buat Lagu Rohani Pakai AI, Memang Boleh? Ini Kata Franky Kuncoro

Puji Astuti Official Writer
493

Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah merambah berbagai aspek kehidupan kita, termasuk industri musik. Saat ini, AI dapat menciptakan lagu dan musik dengan kualitas yang tidak kalah dari karya manusia. Teknologi ini memungkinkan pembuatan musik secara otomatis, dengan kemampuan untuk menghasilkan melodi, harmoni, dan lirik yang kompleks. 

Proses pembuatan musik oleh AI melibatkan analisis data musik yang sudah ada. AI kemudian belajar dari pola-pola ini dan menciptakan komposisi baru. Beberapa platform AI bahkan dapat menyesuaikan musik berdasarkan preferensi pengguna, menciptakan pengalaman yang benar-benar personal. Salah satunya adalah SUNO AI yang dirilis pada Desember 2023 lalu.  

Tapi bagaimana jika lagu rohani yang kita nyanyikan di gereja dan juga kita pakai dalam ibadah pribadi dibuat dengan AI? Sedangkan musik rohani memiliki makna spiritual dan menjadi sarana kita untuk memuji dan menyembah Tuhan.  

Boleh Buat Lagu Rohani Pakai AI?

Franky Kuncoro, musisi dan komposer lagu rohani yang juga founder dari Unlimited Worship mengungkapkan bahwa ia secara pribadi juga sudah mencoba menggunakan AI tersebut dan menurutnya cukup bagus.  

“Intinya gini, cara bisa diperbaharui, tapi rasa harusnya kita yang memberikan warna ya. Jangan sampai dimanipulasi oleh teknologi. Kita yang harus jadi QC-nya, kita sebagai penentunya,” demikian ungkap Franky dalam interview bersama Cahaya Bagi Negeri.  

Franky juga menegaskan bahwa orang Kristen yang menggunakan AI untuk membuat musik rohani harus memastikan bahwa secara lirik tidak bertentangan dengan Firman Tuhan.  

“Apapun yang bisa membuat kita mendekat dengan Tuhan, ingin mengenal Tuhan lebih lagi, ya kita maksimalkan,” demikian tambahnya.  

Ia pun menjelaskan bahwa sebelum munculnya AI, di dunia musik production juga sudah banyak teknologi lainnya.  

“Semakin ke sini semakin dipermudah, tapi AI ini bisa dikatakan sebuah loncatan besar terutama dalam kreasi musik.” 

Apa Batasannya Dalam Membuat Lagu Rohani Menggunakan AI?

Lalu apakah batasan-batasan dalam mempergunakan AI dalam pembuatan musik rohani? Sebab dengan perkembangan teknologi AI ini bukan tidak mungkin bahwa hal-hal yang merusak dan berdampak buruk pada iman dan juga kekristenan. Temukan jawabannya dalam video selengkapnya di bawah ini: 

BACA JUGA: 

Mengapa Lagu Rohani Berbeda dari Lagu Dunia? Penjelasan Jonathan Prawira

7 Lagu Rohani untuk Saat Teduh Anda Selama Seminggu

Sumber : Cahaya Bagi Negeri
Halaman :
1

Ikuti Kami