Rumah Tangga Anda Sering Dikritik Ipar? Ini 7 Cara Bijak Meresponi
Sumber: Canva.com

Marriage / 28 May 2024

Kalangan Sendiri

Rumah Tangga Anda Sering Dikritik Ipar? Ini 7 Cara Bijak Meresponi

Aprita L Ekanaru Official Writer
712

Kritik dari ipar sering kali menjadi sumber stres yang tak terduga. Namun, bagaimana jika kita bisa mengubah kritik tersebut menjadi peluang untuk memperkuat rumah tangga?

Kritik dari ipar tentang rumah tangga bisa datang tanpa diundang dan sering kali terasa menyakitkan. Meski niatnya mungkin baik, kritik tersebut bisa membuat Anda merasa terpojok dan dipertanyakan. Namun, ada cara bijak untuk menghadapi situasi ini agar hubungan keluarga tetap harmonis dan rumah tangga semakin kokoh. Berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda coba:

1. Dengarkan dengan Sabar

Mendengarkan adalah langkah pertama yang paling penting. Cobalah untuk tidak langsung membalas kritik dengan defensif. Dengarkan apa yang ipar Anda katakan dengan tenang dan sabar. Terkadang, mereka hanya ingin berbagi pandangan mereka tanpa bermaksud menyakiti. Dengan mendengarkan, Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka meski tidak selalu setuju.

2. Beri Respon dengan Tenang

Setelah mendengarkan, berikan tanggapan yang tenang dan terukur. Hindari konfrontasi atau nada suara yang tinggi. Anda bisa mengatakan, "Terima kasih atas masukannya, saya akan mempertimbangkannya." Respon seperti ini menunjukkan bahwa Anda terbuka terhadap kritik, tetapi tetap menjaga kendali atas situasi.

3. Menanyakan Lebih Lanjut

Jika kritik yang diberikan tidak jelas atau terasa kurang adil, jangan ragu untuk meminta klarifikasi. Tanyakan lebih lanjut untuk memahami maksud sebenarnya. Misalnya, Anda bisa mengatakan, "Maaf, maksudnya bagaimana ya?" atau "Apa yang membuat kamu merasa begitu?" Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membuka dialog yang konstruktif.

4. Evaluasi Kritik dengan Bijak

Setelah mendengarkan dan memahami kritik, evaluasilah dengan bijak. Tidak semua kritik harus diikuti, namun ada baiknya untuk mempertimbangkan apakah ada sesuatu yang bisa diambil untuk memperbaiki rumah tangga Anda. Bersikaplah jujur pada diri sendiri dan pasangan Anda mengenai apa yang bisa diperbaiki.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami