Jangan Lagi Menunda, Inilah 3 Langkah Mudah Memulai Diet Puasa Anda
Sumber: Canva.com

Health / 25 May 2024

Kalangan Sendiri

Jangan Lagi Menunda, Inilah 3 Langkah Mudah Memulai Diet Puasa Anda

Aprita L Ekanaru Official Writer
592

Ingin mulai puasa tapi bingung caranya? Bingung harus menahan lapar lebih lama dari biasanya, terutama jika Anda sering mengalami masalah asam lambung? Jangan khawatir, Dr Hans Kristian Pranoto, CSN, PN1, seorang Harvard Medical Nutrition Certivicated punya solusi praktis untuk Anda. Apakah puasa benar-benar berbahaya? Temukan jawabannya di sini!

Tenang, semua orang pernah jadi pemula. Diet puasa bukan satu-satunya cara untuk sehat, dan bahkan puasa pun belum tentu sukses tanpa panduan yang tepat. Mari, kia pelajari 3 cara mudah melakukan diet puasa yang benar agar puasa Anda tidak hanya menahan lapar, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan.

1. Kurangi Frekuensi makan

Mulai puasa 16 jam memang menantang, apalagi jika punya masalah asam lambung. Mulailah bertahap, kurangi frekuensi makan dari setiap 2-3 jam menjadi 3 kali sehari, termasuk camilan. Percayalah, makan porsi kecil dengan frekuensi sering justru membuat kamu lebih mudah lapar.

2. Cari Kesibukan

Salah satu alasan utama orang ngemil adalah kebosanan. Daripada fokus menahan lapar, cobalah Anda mencari kesibukan positif seperti olahraga, bermain musik, atau berkebun. Ini bukan soal kalori yang terbakar, tapi mengisi waktu dengan kegiatan menyenangkan agar puasa lebih mudah dijalani tanpa godaan ngemil berlebihan.

3. Penuhi kebutuhan nutrisi

Sudah bisa puasa 16 jam? Perhatikan apa yang Anda makan saat jendela makan! Makan bebas atau "secukupnya" belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi, karena nutrisi itu berbeda dengan kalori. Pastikan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan terpenuhi. Tidak ada salahnya tracking kalori, asalkan pilih makanan berkualitas, terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan.

Ingat, puasa bukanlah "shortcut" atau "program diet" dengan periode khusus. Puasa adalah perjalanan hidup yang butuh proses untuk meraih manfaatnya. Perjalanan ini penuh tantangan yang mengajarkan kita. Jadi, jika belum bisa setiap hari, tidak masalah. Yang penting, jangan hanya puasa sehari dan makan bebas enam hari.

 

BACAAN TERKAIT:

Jangan Asal Diet Intermittent Fasting, Pahami Plus dan Minusnya untuk Tubuh

4 Makanan untuk Menjaga Nutrisi Saat Intermittent Fasting

Sumber : Dr Hans Kristian Pranoto, CSN, PN1 | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami