Meltique Beef: Daging Sapi yang Mirip Wagyu, Amankah Dikonsumsi?
Sumber: canva.com

Health / 23 May 2024

Kalangan Sendiri

Meltique Beef: Daging Sapi yang Mirip Wagyu, Amankah Dikonsumsi?

Jery Patampang Official Writer
341

Daging meltique seringkali ditemui di restoran steak atau BBQ sebagai alternatif dari daging wagyu yang mahal. Namun, apa sebenarnya daging meltique itu, dan apakah aman untuk dikonsumsi?

Daging meltique adalah daging sapi biasa yang telah melalui proses penyuntikan lemak nabati untuk menghasilkan marbling yang menyerupai daging wagyu. Proses ini dikenal sebagai "artificial marbling" atau marbling buatan.

Lemak nabati yang digunakan umumnya berasal dari minyak kanola, yang dihasilkan dari ekstraksi biji tanaman canola (Brassica napus). Teknik ini terinspirasi dari metode kuliner tradisional Prancis yang disebut "Pique", dimana lemak dan rempah tertentu disuntikkan ke dalam daging menggunakan jarum khusus.

Perbedaan Daging Meltique dan Wagyu

1. Asal Daging

Wagyu Berasal dari sapi ras unggulan Jepang dengan proses pengembangbiakan yang ketat dan pengujian genetika. Meltique bisa berasal dari sapi reguler tanpa persyaratan khusus.

2. Kandungan Gizi

Wagyu mengandung asam lemak tak jenuh, omega 3, dan omega 6 yang tinggi. Meltique kandungan gizinya sama dengan sapi reguler tanpa tambahan manfaat gizi yang signifikan.

3. Harga

Harga daging wagyu bisa mencapai 4 hingga 8 kali lipat lebih mahal dibandingkan meltique. Sedangkan harga daging meltique relatif lebih murah.

Apakah aman dikomsumsi?

Berdasarkan proses pembuatannya, daging meltique menggunakan lemak nabati dari minyak kanola yang aman untuk dikonsumsi. Minyak kanola sendiri dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menyehatkan jantung, mengontrol kolesterol, dan mengurangi peradangan.

Oleh karena itu, konsumsi daging meltique aman dan tidak mengandung zat berbahaya. Namun, penting untuk diketahui bahwa daging meltique bukanlah wagyu asli. 

Bagi konsumen yang tidak mengetahui hal ini, mungkin merasa dirugikan ketika membeli daging meltique dengan harga yang lebih tinggi, berpikir bahwa mereka membeli wagyu asli.

Oleh karena itu, menjadi konsumen yang kritis dan memahami perbedaan antara wagyu dan meltique sangat penting.

Daging meltique adalah alternatif yang lebih murah dari daging wagyu dengan tampilan dan tekstur yang mirip.

Meskipun aman untuk dikonsumsi, konsumen perlu waspada agar tidak terkecoh dan memastikan mereka mendapatkan informasi yang jelas tentang produk yang mereka beli.

Dengan pemahaman yang baik tentang perbedaan antara wagyu dan meltique, kita bisa menjadi konsumen yang lebih cerdas dan membuat keputusan yang tepat saat membeli daging.

Halaman :
1

Ikuti Kami