Mengenal Penyakit Empty Sella Syndrome yang Pernah Dialami Ruben Onsu
Sumber: Canva.com

Health / 21 May 2024

Kalangan Sendiri

Mengenal Penyakit Empty Sella Syndrome yang Pernah Dialami Ruben Onsu

Aprita L Ekanaru Official Writer
789

Bayangkan sebuah ruang kosong di otak Anda yang seharusnya ditempati oleh salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh. Inilah yang terjadi pada penderita Empty Sella Syndrome (ESS), kondisi medis yang masih jarang diketahui namun bisa berdampak signifikan pada kesehatan.

Pada 2022 lalu, Artis dan juga MC Ruben Onsu pernah divonis mengidap penyakit Empty Sella Syndrome sampai harus dilarikan ke Singapura untuk melakukan pengobatan. Meski jarang terdengar, penyakit ini memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan seseorang.

 

Apa Itu Empty Sella Syndrome?

Empty Sella Syndrome (ESS) adalah kondisi medis di mana sella turcica, sebuah struktur tulang di dasar tengkorak yang biasanya mengelilingi kelenjar pituitari, tampak kosong atau hampir kosong pada pencitraan radiologis. Kelenjar pituitari, yang biasanya terletak di dalam sella turcica, mungkin mengalami kompresi atau berkurang ukurannya, meskipun masih dapat berfungsi secara normal. 

 

ESS dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. ESS primer 

ESS primer terjadi tanpa adanya kondisi medis sebelumnya yang mempengaruhi kelenjar pituitari.

2. ESS sekunder. 

ESS sekunder biasanya disebabkan oleh kondisi medis lain atau intervensi medis yang mempengaruhi kelenjar pituitari, seperti operasi atau radiasi.

Meskipun langka, ESS bukan berarti vonis akhir. Dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat, banyak orang dengan ESS dapat hidup normal dan produktif.

 

BACAAN TERKAIT:

Kenali Gejala dan Tanda-tanda Penyakit Empty Sella Syndrome yang Perlu Diwaspadai
  

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami