Terhubung dengan Roh Kudus, Kunci Hidup yang Berbuah & Berdampak
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 17 May 2024

Kalangan Sendiri

Terhubung dengan Roh Kudus, Kunci Hidup yang Berbuah & Berdampak

Puji Astuti Official Writer
737

Kehidupan tidak selalu mulus, pencobaan dan tantangan silih berganti. Semua orang, termasuk saya juga  merasakan kelemahan dan keterbatasan yang menghalangi perjalanan kita sebagai pengikut Kristus.  

Namun, di tengah-tengah segala kebingungan dan tantangan itu, ada kabar baik yang harus kita pegang erat. Allah, dalam kasih-Nya yang tak terhingga, telah memberikan kita Roh Kudus sebagai sahabat setia dan pemberi kekuatan kepada semua orang percaya.  

Kehadiran Roh Kudus adalah seperti udara yang kita hirup, sesuatu yang esensi dan menjadi kebutuhan utama kita karena Dia memberikan kita kekuatan, hikmat, dan dorongan untuk terus bertumbuh dalam iman. 

Mengapa kita perlu Roh Kudus dalam hidup kita? 

Alkitab dengan jelas menyatakan peran penting Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Mari kita lihat beberapa alasan mengapa kita membutuhkan Roh Kudus: 

1. Roh Kudus Memimpin Kita ke Dalam Kebenaran.  

Yohanes 16:13 menegaskan bahwa Roh Kudus adalah "Roh Kebenaran" yang akan membimbing kita ke dalam seluruh kebenaran. Roh Kudus membuka pikiran dan hati kita untuk memahami firman Tuhan dengan benar dan mengikuti kehendak Tuhan. 

2. Roh Kudus Memberikan Kekuatan untuk Mengatasi Dosa.  

Dalam Roma 8:13-15 menyatakan bahwa  ketika kita memberikan hidup kita untuk dipimpin oleh Roh Kudus, maka Dia akan memberikan kekuatan dan kemampuan bagi  kita untuk melawan godaan dosa dan hidup sesuai dengan kehendak Allah. 

3. Roh Kudus Membimbing Kita Untuk Berdoa Kepada Tuhan.  

Rasul Paulus dalam Roma 8:26-27 menjelaskan bahwa Roh Kudus membantu kita dalam doa, bahkan ketika kita tidak tahu apa yang harus kita doakan. Roh Kudus membantu kita untuk berkomunikasi dengan Allah dengan cara yang sesuai dengan kehendak-Nya. 

4. Roh Kudus Memperlengkapi Kita Dengan Karunia Rohani.  

Sebagai manusia biasa kemampuan kita terbatas, namun bersama Tuhan, kita akan diperlengkapi dengan apa yang kita butuhkan untuk menggenapi rencana-Nya. Dalam 1 Korintus 12:4-11 menjelaskan bahwa Roh Kudus yang memberikan berbagai karunia kepada orang percaya untuk membangun tubuh Kristus. 

Bagaimana Mengalami Kehadiran Roh Kudus dalam Kehidupan Sehari-hari? 

Roh Kudus adalah pribadi Allah sendiri, tetapi Dia sangat senang bersekutu dan terlibat dalam kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana cara kita tetap terhubung dengan Roh Kudus? 

1. Membangun persekutuan dengan Tuhan dengan menyediakan waktu khusus untuk berdoa dan merenungkan firman Tuhan. Melalui saat-saat khusus ini, kita dapat membangun kepekaan kepada suara Roh Kudus dan pimpinan-Nya.  

2. Berjalan dalam ketaatan pada Tuhan. Alkitab mengajar kita untuk tidak mendukakan Roh Kudus (Efesus 4:30), yang salah satu sebabnya  adalah ketika kita tidak taat kepada firman-Nya dan pimpinan-Nya.  

Ketika Roh Kudus menuntun dan mengingatkan kita baik  melalui Firman Tuhan ataupun melalui suara hati kecilmu, taatilah. Sebagai contoh, seperti ketika firman Tuhan mengingatkanmu untuk mengampuni seseorang, taatlah melakukannya. Mungkin sulit, namun Roh Kudus akan memberikan kekuatan untuk Anda bisa mengerjakannya.  

Kehadiran Roh Kudus adalah anugerah luar biasa dari Allah bagi orang percaya. Dengan membuka hati dan hidup kita untuk kehadiran-Nya, kita sebenarnya sedang didampingi oleh Allah sendiri dimana Dia memberikan  kekuatan dan hikmat yang kita butuhkan agar kita menjalani kehidupan yang berbuah dan bermakna. 

Mari kita terus membuka diri untuk Roh Kudus mengambil alih setiap aspek kehidupan kita, sehingga Dia dapat memimpin kita menuju kehendak Allah yang sempurna dan memuliakan nama-Nya. 

BACA JUGA:

Buah Roh Kudus Vs Karunia Roh Kudus

Siapakah Roh Kudus dan Mengapa Tuhan Mengutus-Nya untuk Kita?

Mengapa Tuhan Yesus menjanjikan Roh Kudus Sebagai Penghibur?

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami