Mengenal Micro Cheating, Jenis Perselingkuhan yang Kadang Tidak Disadari
Sumber: canva.com

Marriage / 15 May 2024

Kalangan Sendiri

Mengenal Micro Cheating, Jenis Perselingkuhan yang Kadang Tidak Disadari

Claudia Jessica Official Writer
870

Micro cheating adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku kecil atau tindakan tidak setia yang dilakukan seseorang dalam sebuah hubungan, namun masih berada di batas yang ambigu antara kesetiaan dan ketidaksetiaan. Maka dari itu, micro cheating bisa dikategorikan sebagai jenis perselingkuhan yang kadang tidak disadari.

Meskipun tidak melibatkan interaksi fisik yang jelas, tindakan micro cheating ini dapat mencakup berbagai hal, mulai dari berbagi rahasia dengan orang lain, menyimpan kontak dengan mantan kekasih secara rahasia, hingga memberikan perhatian berlebihan kepada orang lain di media sosial.

Mengapa Micro Cheating Menjadi Perselingkuhan yang Kadang Tidak Disadari?

Ada beberapa alasan mengapa micro cheating kadang tidak disadari oleh pasangan dalam hubungan. Beberapa di antaranya meliputi:

Skala Kecil: Karena tindakan micro cheating terdiri dari perilaku kecil, seseorang mungkin tidak menyadarinya sebagai sesuatu yang merugikan hubungan mereka.

Kurangnya Kesadaran: Terkadang, seseorang mungkin tidak menyadari bahwa perilakunya dapat dianggap sebagai bentuk ketidaksetiaan karena kurangnya pemahaman akan batas-batas yang seharusnya ada dalam sebuah hubungan.

Kebutaan Emosional: Pasangan yang terlibat dalam micro cheating mungkin buta secara emosional terhadap dampak negatif yang bisa ditimbulkannya dalam hubungan mereka.

Dampak Micro Cheating Terhadap Hubungan

Meskipun terlihat sepele, tindakan micro cheating dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap hubungan, antara lain:

Rusaknya KepercayaanMicro cheating dapat merusak kepercayaan antara pasangan, bahkan jika tindakan tersebut dianggap sepele oleh pelakunya.

Perasaan Tidak Dihargai: Pasangan yang merasa menjadi korban dari tindakan micro cheating mungkin merasa tidak dihargai dan meragukan posisinya dalam hubungan.

Pelebaran Jarak Emosional: Tindakan micro cheating dapat menjadi awal dari pelebaran jarak emosional antara pasangan, yang pada akhirnya dapat mengancam keutuhan hubungan.

 

BACA JUGA: Tanda-tanda Micro Cheating yang Harus Diperhatikan Agar Tak Jadi Perselingkuhan

 

Ketika menghadapi micro cheating, penting bagi pasangan untuk terbuka dalam berkomunikasi, memahami batasan dalam hubungan, dan saling menghargai.

Dengan demikian, kesadaran akan potensi tindakan micro cheating dan dampaknya dapat membantu memperkuat hubungan dan mencegah terjadinya ketidaksetiaan yang lebih besar di masa depan.

Kesetiaan kepada pasangan bukan hanya tentang menghindari perselingkuhan, tetapi juga tentang komitmen, kepercayaan, dan saling menghormati dalam segala aspek kehidupan pernikahan.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami