5 Kesalahan yang Sering Dialami Oleh Pebisnis Pemula
Sumber: canva.com

Finance / 14 May 2024

Kalangan Sendiri

5 Kesalahan yang Sering Dialami Oleh Pebisnis Pemula

Jery Patampang Official Writer
394

Memulai sebuah bisnis merupakan langkah berani yang patut diapresiasi. Namun, perjalanan wirausaha tidak selalu mulus. Tak jarang, para pebisnis pemula melakukan kesalahan yang berakibat fatal bagi perkembangan usaha mereka.

Yuk kita simak 5 kesalahan pebisnis pemula agar bisnismu kehindar dari kesalahan fatal dan lebih cepat berkembang.

1. Hindari Campur Aduk Keuangan Pribadi dan Bisnis

Mencampur uang pribadi dengan uang bisnis akan membuat keuangan menjadi kacau karena akan sulit untuk menghitung arus kas bisnis.

Gunakan manajemen laci, artinya pisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Gunakan rekening terpisah untuk masing-masing agar lebih mudah melacak arus kas dan menghindari penyalahgunaan dana.

Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis akan memudahkan pengelolaan dan menghindari kebingungan.

2. Modal Pribadi Lebih Aman Dibanding Utang untuk Pemula

Memulai bisnis pakai utang berisiko tinggi, seperti bunga yang harus dibayar tepat waktu sehingga ada tekanan, terutama bagi pemula yang masih dalam tahap percobaan. Memulai bisnis dengan modal pribadi jauh lebih aman, terutama bagi pemula. Hindari utang di awal, kumpulkan modal sedikit demi sedikit dan mulai dari langkah kecil yang terukur.

3. Prioritaskan untuk Mengembangkan Bisnis daripada Meningkatkan Gaya Hidup Mewah

Seiring dengan keuntungan yang mulai diraih, beberapa pengusaha pemula kemungkinan besar akan mengubah gaya hidup mereka dengan gaya hidup mewah. 

Prioritaskan keuntungan untuk mengembangkan bisnis daripada meningkatkan gaya hidup mewah, fokuslah untuk mengembangkan bisnis dan membangun pelanggan setia untuk keuntungan jangka panjang.

Tolak godaan gaya hidup mewah saat awal merintis bisnis. Putar kembali keuntungan untuk pengembangan usaha dan fokuslah membangun basis pelanggan setia agar keuntungan stabil dan berkelanjutan.

4. Pilih Rekan Bisnis Berdasarkan Keahlian, Bukan Pertemanan

Memilih rekan bisnis harus sesuai dengan keahlian dalam bekerja agar bisnis anda bisa berjalan dan memaksimalkan potensi bisnis anda. 

Bekerja sama dengan teman yang tidak memiliki keahlian di bidang tertentu justru akan membuat bisnis anda bangkrut. Oleh karena itu,  rekrutlah profesional di bidang tersebut untuk kelancaran bisnis. 

Memilih rekan bisnis berdasarkan keahlian, bukan hanya kedekatan pribadi, sangatlah penting demi kesuksesan bisnis Anda.

5. Perjanjian Bisnis yang Jelas dan Terdokumentasi

Jangan mudah percaya dengan orang. Jaga profesionalisme dalam berbisnis, terutama saat melibatkan perjanjian antar pihak. Dokumentasikan semua kesepakatan secara tertulis. Kepercayaan dalam bisnis itu penting, tapi jangan abaikan profesionalitas.

Pastikan semua perjanjian dan kesepakatan dengan pihak lain didokumentasikan secara tertulis untuk menghindari kesalahpahaman di masa depan.

Menjadi pebisnis sukses membutuhkan kerja keras, dedikasi, dan strategi yang matang. Dengan memahami dan menghindari 5 kesalahan fatal yang dibahas di atas, kamu dapat meningkatkan peluang bisnismu untuk berkembang dan mencapai target yang telah ditetapkan. 

Ingatlah juga untuk mengandalkan Tuhan dalam setiap rencanamu Amsal 16:3 TB "Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu."

Halaman :
1

Ikuti Kami