Mengapa Umat Katolik Lakukan Doa Rosario di Bulan Mei? Berikut Pejelasannya
Sumber: Jawaban.com

News / 7 May 2024

Kalangan Sendiri

Mengapa Umat Katolik Lakukan Doa Rosario di Bulan Mei? Berikut Pejelasannya

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
581

Setiap bulan Mei, umat Katolik di seluruh dunia melaksanakan doa rosario setiap harinya selama sebulan. Apa itu doa rosario dan mengapa umat Katolik harus berdoa rosario selama bulan Mei?  

Berikut penjelasannya 

Apa itu Doa Rosario? 

Rosario berasal dari bahasa Latin, yaitu rosarium, yang berasal dari kata rosa yang berarti bunga mawar. Secara literal, Rosario dapat diartikan sebagai karangan bunga mawar.

Namun, dalam konteks devosi, Rosario mengacu pada serangkaian doa dan meditasi terkait peristiwa-peristiwa Alkitab yang diikuti dengan urutan biji-biji.

Biji-biji tersebut membentuk sebuah susunan doa yang mirip dengan susunan karangan bunga mawar. 

Doa rosario merupakan salah satu doa dalam tradisi umat Gereja Katolik yang biasanya digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada Bunda Maria. Meskipun begitu, doa rosario tetap berpusat pada Yesus Kristus.

Tujuan utama doa rosario adalah merenungkan misteri keselamatan yang dimulai dari Yesus Kristus di kandung oleh Bunda Maria hingga ia diangkat dan dimuliakan di surga. Oleh karena itu, untuk menghormati Bunda Maria umat Katolik melakukan doa khusus di Bulan Mei dan Oktober.  

Tata Cara Doa Rosario  

Doa rosario terdiri dari 4 peristiwa untuk merenungkan misteri keselamatan Yesus Kristus (Peristiwa Gembira, Sedih, Mulia dan Terang). Setiap peristiwa tersebut terdiri dari 5 renungan, kemudian umat katolik akan membacakan Doa ‘Salam Maria...” 10 kali di setiap renungan.  

Biasanya tiap peristiwa memiliki jadwal tersendiri untuk didoakan oleh umat Katolik  dalam satu bulan penuh, seperti berikut ini :  

  • Doa rosario hari Senin, Peristiwa Gembira 
  • Doa rosario hari Selasa, Peristiwa Sedih  
  • Doa rosario hari Rabu, Peristiwa Mulia  
  • Doa rosario hari Kamis, Peristiwa Terang 
  • Doa Rosario hari Jumat, Peristiwa Sedih 
  • Doa Rosario hari Sabtu, Peristiwa Gembira  
  • Doa Rosario hari Minggu, Peristiwa Mulia  

Makna 4 Peristiwa dalam Doa Rosario 

Peristiwa Gembira 

Pada peristiwa ini, umat Katolik akan merenungkan masa kanak-kanak Yesus, sejak Maria menerima kabar dari malaikat Gabriel hingga momen Yesus ditemukan di bait Allah.  

Peristiwa Sedih  

Pada peristiwa ini, umat Katolik akan merenungkan kisah sengsara Yesus Kristus saat melakukan penebusan dosa manusia di kayu salib.  

Peristiwa Mulia  

Pada peristiwa ini, umat Katolik akan merenungkan momen kebangkitan Yesus Kristus hingga Bunda Maria diangkat ke Surga.  

Peristiwa Terang  

Pada peristiwa ini, umat Katolik akan merenungkan momen Yesus dibaptis di sungai Yordan, Mukjizat yang dilakukan oleh Yesus saat mengubah air menjadi anggur, hingga momen perjamuan terakhir. 

Kesimpulan 

Doa rosario merupakan salah satu praktik devosi penting dalam tradisi Gereja Katolik, terutama untuk menghormati Bunda Maria, namun sambil tetap berpusat pada Yesus Kristus.

Doa Rosario terdiri dari empat peristiwa penting dalam kehidupan Yesus Kristus, yakni Peristiwa Gembira, Sedih, Mulia, dan Terang yang diperingati setiap hari dalam satu bulan penuh.

Bulan Mei menjadi momen khusus di mana umat Katolik menghormati Bunda Maria dengan berdoa Rosario. Melalui doa ini, umat Katolik diarahkan untuk merenungkan peristiwa-peristiwa penting Yesus Kristus dan menguatkan hubungan spiritual mereka dengan Dia melalui ibu-Nya, Bunda Maria. 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami