Apakah Lebih Baik Olahraga Di Siang Hari Atau Malam?
Sumber: canva.com

Health / 7 May 2024

Kalangan Sendiri

Apakah Lebih Baik Olahraga Di Siang Hari Atau Malam?

Jery Patampang Official Writer
347

Anda mungkin bertanya-tanya apakah lebih baik olahraga di siang hari atau malam? Ada waktu optimal untuk berolahraga di mana Anda akan mendapatkan manfaat terbesar. 

Beberapa bukti menunjukkan bahwa memulai hari dengan olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas tidur, dan menurunkan tekanan darah. Mari kita bahas apakah lebih baik olahraga di pagi hari atau malam?

Olahraga di Pagi Hari

Mungkin Anda sudah familiar dengan nasihat untuk memulai hari dengan olahraga. Ternyata, ada beberapa manfaat nyata untuk latihan pagi di jam 07.00 Hingga 09.00.

Salah satunya adalah peningkatan mood. Berolahraga di pagi hari dapat memberi Anda dorongan energi yang diperlukan untuk memulai hari dengan semangat. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rutin berolahraga, bahkan untuk waktu yang singkat, cenderung merasa lebih bahagia dan lebih optimis.

Selain itu, berolahraga di pagi hari dapat membantu Anda membuat pilihan sehat sepanjang hari. Merasa sehat dan bugar setelah latihan pagi dapat mendorong Anda untuk membuat pilihan makanan yang lebih baik dan menjaga aktivitas fisik Anda sepanjang hari.

Tidak hanya itu, tetapi berolahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pagi mungkin tidur lebih baik daripada mereka yang tidak. Ini mungkin karena latihan pagi membantu mengatur ritme sirkadian tubuh Anda, yang penting untuk siklus tidur yang sehat.

Namun, seperti halnya dengan segala sesuatu, ada juga beberapa kerugian berolahraga di pagi hari. Salah satunya adalah risiko cedera yang sedikit lebih tinggi. Tubuh Anda cenderung lebih kaku dan rentan terhadap cedera saat Anda baru bangun tidur. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemanasan yang cukup sebelum memulai latihan.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA⇒

Sumber : Kemkes, Halodoc.
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami