Nutrisi Alami Pembersih Pembuluh Darah
Sumber: canva.com

Health / 6 May 2024

Kalangan Sendiri

Nutrisi Alami Pembersih Pembuluh Darah

Jery Patampang Official Writer
489

Pembuluh darah yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pembuluh darah yang tersumbat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius. Untungnya, ada beberapa nutrisi alami pembersih pembuluh darah.

Berikut lebih detail tentang beberapa nutrisi alami pembersih pembuluh darah:

1. Pine Bark Extract

Pine bark extract, yang diekstrak dari kulit pohon pinus, kaya akan antioksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa ini membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Pine bark extract tersedia dalam bentuk suplemen. Anda dapat mengkonsumsinya dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter.  

2. Daun Pegagan

Daun pegagan, yang juga dikenal sebagai gotu kola, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa daun pegagan dapat membersihkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan mendukung produksi kolagen, protein yang penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Daun pegagan dapat dikonsumsi sebagai lalapan, teh dan ekstrak atau kapsul.

3. Vitamin K2

Vitamin K2 dapat membersihkan pembuluh (typo) darah karena, selain itu vitamin K2 memainkan peran penting dalam memperkuat tulang dan gigi.

Vitamin ini juga membantu mengaktifkan protein yang terlibat dalam metabolisme kalsium, sehingga membantu mencegah penumpukan kalsium di pembuluh darah.

Vitamin K2 dapat ditemukan dalam makanan alami seperti natto, tempe, keju segar dan sayuran hijau.

4. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin ini juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol HDL baik.

Vitamin E dapat ditemukan dalam makanan seperti minyak alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA----------------------⇒

Sumber : Dr Hans Kristian Pranoto, halodoc.com, healthline, jambiprov.go.id
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami