Anak Sekarang Tidak Mau Curhat sama Orang Tuanya, Kenapa?
Sumber: canva

Parenting / 5 May 2024

Kalangan Sendiri

Anak Sekarang Tidak Mau Curhat sama Orang Tuanya, Kenapa?

Claudia Jessica Official Writer
837

Hari hari ini kita mendapati anak-anak enggan bercerita atau curhat dengan orang tuanya. Meskipun ada, hanya sebagian anak yang masih bisa melakukannya.

Sementara sebagian besar anak masih merasa enggan curhat dengan orang tuanya, kenapa?

Menurut Jussac Kantjana, seorang Pendeta dan Story Teller yang fokus memperhatikan Gen Z, percaya bahwa ketika anak-anak tidak mau curhat kepada orang tua, maka masalah terletak pada orangtuanya.

Selama pertumbuhan, ada kemungkinan terjadi keretakan antara orang tua dan anak sehingga anak tidak menempatkan orang tuanya dalam daftar pertama ketika mereka membutuhkan tempat untuk curhat.

Jussac menyayangkan hal ini karena secara strategis, orang tua berperan besar dalam menciptakan pola pikir anak-anak.

Konsep-konsep penting dalam kehidupan seperti hubungan dengan lawan jenis, romatika, hingga seks dan lainnya, anak remaja akan percaya pada penjelasan pertama yang mereka dapatkan yang seharusnya diberikan oleh orang tua.

Anak remaja akan membandingkan dan mengevaluasi informasi yang mereka dapat selanjtnya berdasarkan informasi yang mereka dapatkan pertama kali.

Maka dari itu, orang tua seharusnya menjadi sosok pertama yang menceritakan tentang konsep-konsep penting dan hal sensitif seperti ini. Jika kita gagal mengenalkan konsep utama ini, maka akan menjadi lebih sulit bagi kita untuk kedepannya.

Jussac mengatakan, jika saat ini anak remaja tidak mau curhat dengan orang tua, maka sebaiknya orang tua melakukan evaluasi terhadap dirinya, bagaimana sikap, metode, dan hubungan orang tua dengan anak-anak remaja.

Jika orang tua ingin anak-anak mengenal Tuhan, tumbuh dalam iman, hidup dalama kebenaran, maka semuanya harus dimulai dari parenting yang kita terapkan dan cara kita berkomunikasi dengan anak-anak dengan memahami mereka.

Praktik apa yang bisa dilakukan?

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami