Alami Ketidakadilan di Tempat Kerja? Bagaimana Seharusnya Kita Merespons?
Sumber: Jawaban

Kata Alkitab / 3 May 2024

Kalangan Sendiri

Alami Ketidakadilan di Tempat Kerja? Bagaimana Seharusnya Kita Merespons?

Puji Astuti Official Writer
823

Ketidakadilan  dapat terjadi di berbagai aspek kehidupan, termasuk di tempat kerja. Bayangkan situasi di mana seorang karyawan yang sangat berdedikasi dan berkinerja tinggi namun diabaikan dan tidak mendapat promosi yang layak. Sementara orang lain yang kurang berprestasi namun karena memiliki kedekatan dengan atasan malah mendapatkan kesempatan tersebut. Bagaimana seharusnya orang Kristen merespons ketidakadilan semacam ini?  

Tentunya kita sebagai orang percaya diharapkan untuk merespons dengan berlandaskan pada nilai-nilai Alkitab yang mengajarkan keadilan, kasih, dan integritas. Berikut adalah apa Kata Alkitab tentang menyikapi ketidakadilan.  

Menyerahkan Pembalasan pada Tuhan 

Alkitab menekankan bahwa Tuhanlah yang memiliki hak untuk membalas (Roma 12:19). Orang percaya diajarkan untuk melepaskan dendam atau kemarahan dan mempercayakan pembalasan kepada Tuhan. Walau demikian bukan berarti kita berharap orang yang melakukan ketidakadilan mengalami hukuman atau sesuatu yang buruk.  

Pengampunan dan Belas Kasihan 

Sebagai orang percaya kita diminta untuk  mengampuni orang yang telah mengecewakan atau menyakiti kita, termasuk mereka yang telah berbuat tidak adil kepada kita (Matius 6:14-15). Selain itu kita juga perlu menunjukkan belas kasihan kepada mereka dan berdoa untuk perubahan yang baik dalam hidup orang tersebut.  

Seperti Tuhan telah mengampuni dan mengasihi kita, demikian juga seharusnya kita lakukan kepada mereka yang telah mengecewakan dan menyakiti kita.  

Peranan Aturan dan Otoritas dalam Menegakkan Keadilan  

Alkitab juga mengakui peran pemerintah dan otoritas dalam menjaga ketertiban dan keadilan (Roma 13:1-7). Hal ini menunjukkan bahwa sanksi dan pembalasan dapat diatur oleh hukum yang berlaku. 

Jika Anda mengalami ketidakadilan di tempat kerja, maka langkah awal adalah untuk berdiskusi dengan atasan dan pihak HRD di perusahaan. Sampaikan fakta, peraturan dan undang-undang yang berlaku di tempat kerja, dan bagaimana hal tersebut dapat diterapkan dengan baik bersama sesuai dengan kesepakatan.  

Jika Anda mengalami ketidakadilan di tempat kerja, janganlah ragu untuk mengambil langkah-langkah yang bijaksana dengan penuh kasih, dan integritas. Meskipun mungkin sulit, tetapi memilih untuk memberikan pengampunan kepada mereka yang telah berbuat tidak adil dan menunjukkan belas kasihan adalah langkah yang penting.  

Namun, hal ini tidak berarti kita harus pasif dalam menghadapi ketidakadilan. Kita juga diingatkan untuk menggunakan aturan dan datang kepada mereka yang memiliki otoritas dalam menegakkan keadilan.  

Apakah Anda mengalami ketidakadilan baik dalam lingkungan kerja atau bahkan dalam keluarga? Tuhan mengerti isi hati Anda, dan Anda tidak sendirian. Mari hubungi kami karena kami ingin berdoa dan memberikan dukungan bagi Anda dengan KLIK DISINI. Bersama Tuhan Anda pasti dapat melalui masa-masa sulit tersebut.  

BACA JUGA: 

Begini Cara Hadapi Ketidakadilan di Dunia Menurut Mazmur 73

15++ Ayat Alkitab Tentang Cara Tuhan Nyatakan Keadilan di Tengah Dunia

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami