Rahasia Gereja Yang Berdampak dan Mengubah Komunitas!
Sumber: CBN

Berita CBN / 26 April 2024

Kalangan Sendiri

Rahasia Gereja Yang Berdampak dan Mengubah Komunitas!

Puji Astuti Official Writer
1119

Menjadi berkat bagi komunitas adalah sebuah panggilan yang harus dijalankan oleh gereja dengan tindakan nyata. CBN Indonesia melihat pentingnya hal ini dalam misi pelayanan gereja, dan menjadi mitra bagi gereja Tuhan di Indonesia untuk menjalankan perannya.  

Untuk itu CBN Indonesia menghadirkan  Holistic Disciple Making Ecosystem, sebuah strategi  pemuridan anak dan orangtua, untuk memperkuat gereja dalam melayani komunitas di mana mereka berada.  

Dalam upayanya untuk memperlengkapi gereja sebagai agen perubahan yang positif, CBN Indonesia menghadirkan  pemuridan anak dan orangtua secara holistik dalam bentuk kurikulum PAUD Super5, Sanggar Belajar School of Life, kurikulum Sekolah Minggu Superbook dan pemuridan orangtua The Parenting Project.  

Program ini tidak hanya menawarkan pendalaman iman semata, tetapi juga menekankan pada pengembangan karakter, pengetahuan, dan juga memperkuat hubungan keluarga.   

Pelatihan dan Pendampingan Untuk Gereja  

Untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas program, CBN Indonesia menyelenggarakan training rutin bagi gereja-gereja mitra. Salah satunya adalah training untuk Sanggar Belajar School of Life  yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 April 2024. Training ini diikuti oleh 248 peserta dari 79 gereja, dengan peserta tersebar di seluruh Indonesia. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan gereja mitra juga berkomitmen dalam pelaksanaan program. 

Perwakilan dari beberapa Mitra Gereja mengungkapkan bahwa sejak hadirnya program-program CBN terlihat nyata perubahan di komunitas mereka. Dari perubahan karakter anak-anak hingga terjadinya pemulihan dalam rumah tangga.  

“Terima kasih kepada CBN yang sudah memberikan kesempatan kepada kami sebagai mitra CBN. Orang ke gereja menjadi bersemangat, saya sebagai pendeta menjadi bersemangat. Setiap hari ada anak-anak, setiap hari masyarakat bisa melihat dan kami menjadi perbincangan bagi masyarakat karena kami disebut gereja yang kuat. Kuat karena ada orang di belakang, salah satunya CBN yang mem-backup kami secara luar biasa. Dan ini bukan tentang uang. Tapi, ketika kami mau berdoa untuk pergumulan kami di kota kami, yang mayoritas anak-anak di kota kami sangat rentan, mereka dari kecil sudah terbiasa nge-lem, kami bisa ada di tengah-tengah mereka, lewat CBN dan Sanggar Belajar School of Life, kami punya kesempatan menjangkau anak-anak dan memberi warna bahwa di masyarakat itu kita boleh melakukan hal yang berbeda,” demikian ungkap Pdt. Gershom,  Pontianak.  

"Saya mau berterima kasih kepada CBN khususnya. Saya lihat dan mendengar kesaksian dari teman-teman dan itu luar biasa sekali. Saya ingin menyampaikan keberadaan Sanggar Belajar School of Life disini membawa berkat bagi lingkungan setempat. Bahkan Sanggar Belajar School of Life menjadi ujung tombak kelurahan untuk menjadi duta seni dan budaya. Saya yakin dan percaya itu karena kemurahan Tuhan. Sekarang ini yang terjadi adalah yang kasih Tuhan diberitakan bukan hanya anak-anak, tapi juga orangtua mereka," Sani, Jawa Tengah.  

“Bersama CBN, kami melayani anak yang sudah mengalami berbagai masalah (pelecehan seksual) yang sungguh menyakiti hati kami yang dilakukan oleh orangtua sendiri. Puji Tuhan, karena keberadaan CBN, anak tersebut bisa didampingi dan dipulihkan. Dan itu salah satu hal yang membawa dampak besar di lingkungan ini sehingga dalam 2-3 tahun terakhir ini kami sudah tidak mendengar lagi kasus pelecehan seksual di lingkungan. Dan apabila terjadi pelecehan, School of Life akan mengambil tindakan dengan Perlindungan Anak dan hal ini serius karena pelakunya kami bawa ke penjara,” Pdt.Hebri, Sulawesi Tengah. 

Dengan mendatangkan Holistic Disciple Making Ecosystem, CBN Indonesia tidak hanya memperlengkapi gereja nemun juga membantu menciptakan komunitas yang lebih baik dan lebih berarti bagi semua orang. Program ini adalah bukti konkret bahwa menjadi berkat bagi komunitas bukanlah hal yang mustahil, tetapi sebuah panggilan yang dapat dijalankan dengan semangat menggenapi Amanat Agung Tuhan kita.  

Anda juga bisa menjadi bagian dari transformasi komunitas ini! Mari bergabung menjadi Mitra CBN dengan berdonasi mendukung program pemuridan anak dan keluarga dengan KLIK DISINI. Mari bergabung dalam misi ini dan menjadi agen perubahan yang memberikan dampak nyata untuk Indonesia.  

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami