Mengungkap Sejarah Nama Israel dan Maknanya Menurut Alkitab
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 26 April 2024

Kalangan Sendiri

Mengungkap Sejarah Nama Israel dan Maknanya Menurut Alkitab

Puji Astuti Official Writer
1355

Meningkatnya konflik antara Israel dan wilayah sekitarnya membuat mata dunia tertuju ke Timur Tengah. Termasuk umat Kristen yang melihat Israel sebagai umat pilihan Tuhan dan bagian dari penggenapan nubuatan Alkitab.  

Tentu saja umat Kristen perlu menyikapi dengan bijak dan berdoa untuk perdamaian Israel dan bangsa-bangsa sekitarnya. Untuk itu kita perlu mengenal lebih dekat siapakah Bangsa Israel dan apa kata Alkitab tentangnya. Mari kita mulai dari awal mula munculnya nama Israel dalam Alkitab.  

Awal mula nama Israel di Alkitab.  

Nama Israel muncul di Alkitab pada kisah Yakub bergumul dengan seorang laki-laki (Kejadian 32:22-32). Setelah laki-laki itu memukul pangkal paha Yakub terjadi sebuah percakapan :  

Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub." 

Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang." (Ayat 27-28) 

Inilah pertama kalinya Yakub mendapatkan sebutan Israel.  

Sebelum Yakub diganti namanya, Tuhan juga mengganti nama dua orang, yaitu Abram menjadi Abraham dan Sarai menjadi Sara. Pergantian nama kakek dan nenek Yakub tersebut disertai dengan sebuah perjanjian antara Tuhan dan Abraham serta keturunannya (Kejadian 17:1-16).  

Mengapa perubahan nama Yakub menjadi Israel di Kejadian 32 ini sepertinya begitu sederhana?  Baca artikel selanjutnya

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami