Kenapa Anda Bisa Merasa Kesepian di Dalam Pernikahan? Begini Kata Pakarnya...
Sumber: Canva.com

Marriage / 25 April 2024

Kalangan Sendiri

Kenapa Anda Bisa Merasa Kesepian di Dalam Pernikahan? Begini Kata Pakarnya...

Aprita L Ekanaru Official Writer
667

Pernikahan adalah ikatan suci antara dua individu yang tidak hanya bersatu secara fisik melalui hubungan suami istri, tetapi juga secara mental dan spiritual. Namun, apa yang menyebabkan kesepian muncul dalam pernikahan?  

Kami berkesempatan mewawancarai Ibu Charlotte Priatna sebagai Pendiri Sekolah Athalia (1995), yang juga dikenal sebagai Pakar Pendidikan Karakter di Indonesia. Menurutnya, ketika dua individu memutuskan untuk menikah, mereka tetaplah dua orang yang berbeda. Meskipun telah bersatu dalam lembaga pernikahan, kesatuan mental dan spiritual tetap menjadi kunci dalam menjaga keharmonisan hubungan. Jika kesepian dirasakan dari segi emosional, hal ini mungkin menandakan bahwa kedua individu belum benar-benar bersatu secara spiritual.

Kesatuan spiritual, yang melibatkan Tuhan, seharusnya menjadi fondasi utama dalam membangun hubungan pernikahan yang kokoh. Dengan memulai dari kesatuan spiritual, perbedaan dan konflik yang muncul secara emosional dapat dipersatukan. Ini berarti bahwa ketika ada jengkel, kesal, atau perbedaan antara pasangan, kesatuan spiritual yang telah dibangun akan menjadi landasan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berbeda jika pernikahan dimulai dari kesatuan fisik semata. Ketika hubungan dibangun hanya berdasarkan dorongan fisik, akan menguras energi emosional dan spiritual. Hal ini dapat menyebabkan ketidakharmonisan dalam hubungan, karena kesatuan yang sejati belum terbentuk.

"Jadi kalau dimulainya dari fisik, maka akan menguras emosional sekaligus spiritual. Tapi kalau dimulainya daari spiritual, tentu menyertakan Tuhan di dalamnya, maka pelan-pelan ketika secara emosi, pasti akan dipersatukan. Dasarnya dari spirutual dulu, lalu kemudian secara fisik nanti berimbas, tentu akan jadi harmonis secara fisik. Jadi darimana kesatuan itu dimulai?Harus dimulai dari kesatuan spiritual." Jelasnya dalam wawancara online oleh tim Jawaban.com (25/04).

Dalam perspektif Ibu Charlotte, penting untuk menyadari bahwa membangun kesatuan spiritual dalam pernikahan merupakan investasi jangka panjang untuk kebahagiaan bersama. Kesepian dalam pernikahan dapat diatasi dengan memperkuat ikatan spiritual antara pasangan. Melalui kesatuan spiritual, akan tercipta fondasi yang kokoh untuk menjaga hubungan tetap harmonis, baik secara emosional maupun fisik.

Dengan demikian, kesatuan spiritual menjadi kunci utama dalam memulai dan mempertahankan keharmonisan dalam pernikahan. Sebuah pernikahan yang dibangun di atas fondasi spiritual akan mampu mengatasi rintangan dan menghadapi tantangan dengan lebih kokoh, serta membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi kedua belah pihak.

 

BACAAN TERKAIT:

Mengapa Kesepian Lebih Sering Dirasakan oleh Istri daripada Suami?

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami