Apa yang Dimaksud dengan Bangsa Israel Sebagai Umat Pilihan Allah?
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 15 April 2024

Kalangan Sendiri

Apa yang Dimaksud dengan Bangsa Israel Sebagai Umat Pilihan Allah?

Claudia Jessica Official Writer
1304

Firman Tuhan dalam Ulangan 7:6 mengatakan bahwa orang Yahudi adalah umat pilihan Tuhan. Tertulis, “Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.”

Sejak Tuhan menyadari bahwa Ia perlu dilahirkan sebagai manusia untuk menyelamatkan kita dari kematian rohani yang kita alami seperti yang ditulis dalam kitab Efesus 1-2 dan Kejadian 3, Tuhan berencana untuk dilahirkan ke dalam sebuah bangsa atau ras yang sangat kecil, yang disebut Yahudi.

Perjanjian Lama menceritakan kisah tentang bagaimana Allah menciptakan, membedakan, dan melestarikan ras tersebut.

Tujuan akhir dari pilihan Allah terhadap orang-orang Yahudi sebagai umat pilihan-Nya adalah untuk melahirkan Mesias, Yesus Kristus, yang akan menjadi Juruselamat dunia.

Yesus datang dari suatu bangsa, dan Tuhan memilih Israel sebagai umat pilihan-Nya. Dalam Kejadian 3, Allah berjanji untuk mendatangkan Juruselamat setelah Adam dan Hawa berbuat dosa.

Kemudian, Allah menetapkan bahwa Mesias akan datang dari garis keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub (Kejadian 12). Selanjutnya, Ia mempersempit garis keturunan Mesias menjadi garis keturunan Daud (2 Samuel 7).

Dalam sejarah mereka, bangsa Israel menyadari status mereka sebagai “bangsa yang terpilih” di hadapan Allah (1 Raja-raja 3:8, 8:53; Mazmur 105:43; Yesaya 43:4, 65:9; dan Amos 3:2)

Bukti bahwa Allah memiliki rencana kekal bagi Israel terungkap dalam lima perenam Alkitab memuat mereka secara langsung atau tidak langsung. Yesus, sebagai tokoh utama, yang menggabungkan orang-orang Yahudi dan non-Yahudi (Efesus 2:14).

Kenyataan bahwa orang-orang Yahudi dipilih oleh Tuhan menunjukkan bahwa mereka dihadapkan pada standar yang tinggi. Dengan pemberian yang melimpah, juga datang tanggung jawab yang besar, seperti yang diungkapkan dalam Lukas 12:48, atau sebagaimana Tuhan menyampaikan melalui seorang nabi, “Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu.” (Amos 3:2)

Tanggung jawab Israel termasuk mematuhi dan menjaga hukum Taurat (Yosua 22:5), menjadi bangsa yang diangkat menjadi “kerajaan imam dan bangsa yang kudus” (Keluaran 19:6), serta membawa “kemasyuran, pujian, dan kehormatan” kepada Tuhan (Yeremia 13:11).

Panggilan agung mereka berasal langsung dari Allah, yang memilih mereka dari seluruh bangsa di dunia.

Sumber : gotquestions.org
Halaman :
1

Ikuti Kami