Kunci Memiliki Hidup Tenang: Anda Harus Mulai dengan Mengampuni 4 Jenis Orang Ini
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 8 April 2024

Kalangan Sendiri

Kunci Memiliki Hidup Tenang: Anda Harus Mulai dengan Mengampuni 4 Jenis Orang Ini

Claudia Jessica Official Writer
905

Salah satu tujuan terbesar manusia adalah hidup dengan tenang. Untuk menjalani hidup tenang, kita membutuhkan pikiran yang tenang pula.

Namun, tahukah Anda bahwa hambatan yang sering kali menghadang pikiran tenang adalah kemarahan dan kebencian yang ada di dalam diri kita?

Untuk mengatasi kemarahan dan kebencian ini adalah dengan belajar untuk mengampuni.

Jika Anda sungguh-sungguh ingin mengalami perubahan hidup dan menjalani hidup tenang, mulailah dengan mengampuni 4 jenis orang ini:

1. Orang Tua

Orang pertama yang harus Anda berikan pengampunan adalah orang tua Anda, baik mereka masih hidup atau sudah meninggl. Anda harus mengampuni mereka atas setiap kesalahan yang pernah mereka lakukan dalam membesarkan Anda. Berterimakasihlah kepada mereka karena telah memberikan Anda kehidupan.

Jika orang tua Anda masih hidup, ampunilah mereka atas segalanya dan jangan mengeluh lagi.

Tindakan sederhana namun berani ini memiliki dampak besar pada hubungan Anda dengan orang tua. Jika Anda tidak melakukannya, Anda menghalangi kesempatan untuk tumbuh menjadi dewasa dan tinggal sebagai korban masa kecil.

 

BACA JUGA: Agusta Mengingat Kisah Ini Saat Melepaskan Pengampunan Pada Ayahnya

 

Hal ini menyebabkan perasaan rendah diri dan kemarahan terus tinggal dalam diri Anda. Terlebih lagi jika orang tua Anda meninggal sebelum sempat memberikan pengampunan kepada mereka. Jangan sampai menyesal ya.

2. Pasangan yang gagal

Memiliki hubungan yang gagal dengan pasangan adalah hal yang mungkin saja kita alami. Pasangan kita maupun hubungan yang gagal menjadi orang di urutan nomor dua yang harus kita ampuni.

Hubungan yang gagal ini bisa membuat Anda merasa tidak aman dan mungkin harga diri Anda terluka sehingga Anda menyimpan amarah maupun dendam dan tidak mau mengampuni mereka selama bertahun-tahun.

Tapi, ingatlah bahwa setidaknya Anda pun bertanggung jawab atas hal tersebut dan pikirkan bagaimana cara untuk bertanggung jawab untuk situasi tersebut alih-alih fokus untuk menyalahkan orang lain.

 

BACA JUGA: Memandang Keadaan Buruk Dari Kaca Mata Tuhan

 

Dengan melepaskan pengampunan, Anda akan membebaskan diri Anda dari perasaan marah dan dendam yang selama ini tinggal dalam diri Anda.

3. Setiap orang yang pernah menyakiti Anda

Lepaskan pengampunan untuk setiap orang yang pernah menyakiti Anda sedalam apapun luka yang mereka berikan. Setiap teman, mitra bisnis, pengkhianat, penjahat, siapapun yang pernah menyakiti Anda dengan cara apapun, berikan mereka pengampunan dan lupakanlah mereka. Hapuslah setiap nama mereka dan hapus gambaran mereka dalam hidupmu.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami