Gempa Besar 7,5 SR di Taiwan Terasa Hingga ke Tiga Negara, Memicu Peringatan Tsunami
Sumber: TVBS via AP

News / 3 April 2024

Kalangan Sendiri

Gempa Besar 7,5 SR di Taiwan Terasa Hingga ke Tiga Negara, Memicu Peringatan Tsunami

Claudia Jessica Official Writer
553

JAWABAN.COM – Gempa bumi yang terjadi pada hari Rabu (03/04) menjadi gempa bumi terbesar selama seperempat abad terakhir. Gempa berkekuatan 7,5 SR (skala richter) itu berpusat di kota Taiwan dan memicu peringatan tsunami di berbagai negara.

Gempa ini terasa hingga 3 negara lainnya yaitu Jepang, Filipina, dan beberapa wilayah di China. Gempa besar ini membuat Jepang dan Filipina mengeluarkan peringatan adanya potensi tsunami di daerah pesisir pantai.

Badan Meteorologi Jepang memberikan peringatan kepada penduduk di daerah sekitar Pulau Okinawa, Pulau Miyakojima, dan Pulau Yaeyama untuk segera mengungsi karena adanya potensi tsunami setinggi 3 meter.

 

BACA JUGA: 12 Panduan Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

 

“Gelombang tsunami mendekati pantai. Evakuasi secepat mungkin. Ombak bisa menerjang berulang kali. Lanjutkan evakuasi sampai semua peringatan dicabut,” demikian peringatan dan badan meteorologi Jepang.

Badan Meteorologi Jepang menyatakan gempa yang sebelumnya diklaim berkekuatan 7,5 skala richter (SR), berubah naik menjadi 7,7 SR.

Sementara itu, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa yang mengguncang Taiwan, Jepang, Filipina, dan China itu berkekuatan 7,4 SR dengan pusat gempa 18 kilometer selatan Kota Hualien Taiwan pada kedalaman 34,8 km.

Selain Jepang, Badan Seismologi Filipina juga memprediksi bahwa daerah pesisir mungkin akan menghadapi “gelombang tsunami yang tinggi”.

Mereka menyarankan dengan tegas agar penduduk di wilayah pesisir provinsi tersebut segara mencari perlindungan di tempat yang lebih tinggi atau mempertimbangkan untuk pindah ke daratan yang lebih aman.

 

BACA JUGA: Gereja Bersejarah Anthiokhia Bersiap Membangun Kembali dari Kehancuran Gempa Turki

 

Mengutip dari CNN Indonesia, gempa juga terasa hingga ke beberapa wilayah di China. Warga Fuzhou, Quanzhou, Ningde dan Shanghai ikut merasakan guncangan gempa yang terjadi hari ini.

Wu Chien-fu, direktur Pusat Seismologi Taipei, menyatakan gempa yang terjadi merupakan yang terkuat sejak peristiwa gempa tahun 1999 yang menyebabkan kematian 2.400 orang di pulau tersebut.

“Rasanya terasa di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai,” katanya kepada para wartawan.

Sistem peringatan gempa Taiwan, yang biasanya memberi peringatan beberapa menit sebelumnya, tidak berfungsi sebelum gempa terjadi.

Beberapa gempa susulan terjadi di Taipei sekitar satu jam setelah gempa utama. Menurut USGS, salah satu gempa susulan memiliki kekuatan 6,5 skala Richter dengan kedalaman 11,8 kilometer.

 

BACA JUGA: Selamat Dari Gempa Palu, Ternyata Captain Ricosetta Mafella Hampir Mati Berkali-kali

 

Taiwan terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, sebuah jalur patahan seismik yang mengelilingi Samudra Pasifik dan merupakan tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi di dunia.

Mari kita berdoa wilayah yang mengalami bencana.

Mazmur 46: 1-3 “Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.  Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut; sekalipun ribut dan berbuih airnya, sekalipun gunung-gunung goyang oleh geloranya.”

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami