Jejak Harum Kasih, Memahami Tindakan Maria dalam Mengurapi Yesus
Sumber: Superbook

Kata Alkitab / 28 March 2024

Kalangan Sendiri

Jejak Harum Kasih, Memahami Tindakan Maria dalam Mengurapi Yesus

Puji Astuti Official Writer
1113

Mempersiapkan Penguburan Yesus 

Tindakan Maria mengurapi Yesus secara tidak sengaja menjadi sebuah persiapan penguburan Yesus Kristus yang akan mati dikayu salib beberapa hari kemudian. Mengapa mengurapi Yesus disebut sebagai sebuah persiapan penguburan?  

Jika kita maju kepada peristiwa setelah Yesus disalibkan, saat Yesus diturunkan dari salib dan akan dikuburkan Nikodemus datang malam-malam dengan membawa campuran minyak mur dengan minyak gaharu, kira-kira lima puluh kati beratnya. Tradisi Yahudi saat akan menguburkan seseorang adalah dengan mengurapi mayatnya dengan minyak dan rempah-rempah.  

Namun saat Yesus diturunkan dari salib sudah menjelang malam, mereka yang menguburkannya juga melakukannya dengan terburu-buru terlebih saat itu masa perayaan paskah dan menjelang hari sabat. Itu sebabnya dalam Markus 16:1-3 menceritakan bahwa setelah hari sabat para wanita pengikut Yesus membeli rempah-rempah dan mendatangi kubur Yesus untuk mengurapi mayatnya kembali.  

Namun Tuhan Yesus yang sudah tahu bahwa Ia akan mati disalibkan sangat menghargai Maria, karena dia telah mengurapi-Nya yang secara tak sengaja mempersiapkan penguburan-Nya.  

Di saat Yesus akan menghadapi pengkhianatan dari orang terdekat-Nya, Yesus juga dihiburkan oleh kasih tulus dari Maria yang memberikan yang terbaik untuk-Nya. Jalan penderitaan yang akan dilalui Tuhan Yesus, dimulai dari sebuah ungkapan kasih yang berbau harum hingga Ia masuk di dalam kubur kematian. Bahkan hingga hari kebangkitan-Nya, Maria mungkin berada di antara wanita-wanita yang datang pagi itu untuk mengurapi Dia.  

Apa yang Maria lakukan menjadi sebuah teladan dalam mengasihi Yesus, sebuah kasih yang tulus dan penuh dedikasi hingga rela memberikan yang terbaik dari hidupnya. Apakah kita telah memiliki kasih seperti Maria?  

Selamat merayakan Hari Jumat Agung.  

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami