Jejak Harum Kasih, Memahami Tindakan Maria dalam Mengurapi Yesus
Sumber: Superbook

Kata Alkitab / 28 March 2024

Kalangan Sendiri

Jejak Harum Kasih, Memahami Tindakan Maria dalam Mengurapi Yesus

Puji Astuti Official Writer
1391

Menjelang perayaan Jumat Agung ini, ada sebuah perkataan Yesus yang menarik untuk kita renungkan bersama. Hal ini terkait dengan peristiwa seorang wanita yang datang mengurapi kaki Yesus dengan minyak narwastu.  

“Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia." (Markus 14:8-9) 

Mengapa wanita itu mengurapi kaki Yesus, siapa dia dan mengapa apa yang ia lakukan begitu penting sehingga Tuhan Yesus mau hal ini selalu diingat bersamaan dengan pemberitaan Injil?  

Mari kita sama-sama menggali kebenaran dari kisah ini.  

Di Markus 14: 3-9 dicatat peristiwa ini terjadi di rumah Simon si kusta, di kota Betania dimana Lazarus, Maria dan Marta tinggal. Dalam Yohanes 12:1-8 menuliskan bahwa mereka bertiga hadir pada makan malam itu, seperti biasa Marta membantu melayani, Lazarus duduk bersama dengan Yesus dan para murid lainnya.  

Namun kali ini Maria membuat semua orang terkejut ketika ia tiba-tiba datang dengan sebuah buli-buli berisi minyak narwastu yang mahal. Harga sebotol minyak narwastu yang dibawa Maria saat itu adalah tiga ratus dinar atau setara dengan upah setahun bekerja. Minyak itu ia tuangkan semua untuk mengurapi Yesus. Penulis kitab Markus menceritakan bahwa minyak itu dituang dari kepala Yesus, sedangkan di kitab Yohanes fokus bagaimana Maria mengurapi kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya.  

Mengapa Maria menyeka kaki Yesus dengan rambutnya? Next >>

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami