VIDEO : SUKA BERPUASA BUAT HIDUP LEBIH AWET MUDA
Sumber: Jawaban Channel

Berita CBN / 27 March 2024

Kalangan Sendiri

VIDEO : SUKA BERPUASA BUAT HIDUP LEBIH AWET MUDA

Puji Astuti Official Writer
776

Milyader Bioteknologi Bryan Johnson mengeluarkan uang miliaran karena menolak tua. Menggunakan berbagai hasil riset, Bryan minum lebih dari 100 pil demi mempertahankan kesehatan tubuhnya. Bahkan ia yang telah berusia 45 tahun mempekerjakan para ahli profesional untuk memiliki tubuh setara dengan orang berusia 19 tahun.  

Saat ini orang rela membayar mahal untuk membeli suplemen dan juga trainer atau terapi demi memperpanjang usia. Pola makan dan gaya hidup sehat menjadi prioritas mereka yang ingin meningkatkan kualitas hidup.  

Puasa, Less is More 

Kabar baiknya para ilmuwan terus melakukan penelitian dalam hal ini, salah satunya adalah tentang “less is more” yaitu tentang puasa dapat memicu kebangkitan dan pemulihan tubuh. Saat seseorang menjalani puasa, energi tubuh tidak lagi dihasilkan dari pembakaran gula atau karbohidrat, namun dari pembakaran lemak. Proses inilah yang mendorong perbaikan sel pada tubuh manusia.  

Salah satu pola puasa yang popular saat ini adalah intermittent fasting, sebuah pola puasa dengan mengatur waktu konsumsi makanan dalam waktu tertentu. Sebagai contoh, 8 jam waktu untuk makan dan 16 jam puasa. Banyak orang yang telah melakukan puasa jenis ini mengaku mengalami peningkatan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.  

Menurut peneliti sel dari Jepang, Profesor Yoshinori Ohsumi saat seseorang melakukan puasa tubuh mengalami proses autophagy dimana sel-sel pada tubuh melakukan perbaikan pada sel tubuh yang rusak.  

Profesor dari Harvard University, David Lieberman dalam podcast di Diary of CEO mengungkapkan bahwa “confort is killing us.” Ia menjelaskan bahwa kenyamanan yang membuat kita rentan pada penyakit. Jadi kehidupan yang nyaman tidak menantang tubuh kita untuk berfungsi secara efesien.  

Lalu bagaimana kita bisa menjaga tubuh kita yang merupakan bait Allah yang harus kita jaga dan bagaimana  puasa menjadi salah satu cara efektif untuk sehat? Hal inilah yang dikupas dalam Cahaya Bagi Negeri bersama dengan dr. Sepriani Timurtini Limbong,M.D.,M.Sc seorang dokter dan nutrition science. Tonton selengkapnya dalam video berikut ini:  

Tonton juga video lainnya :

VIDEO: SUDAH KAYA WHAT NEXT? KITA PENGURUS DAN BUKAN PEMILIK DARI HARTA KITA

VIDEO: FATHERLESS, MAU JADI APA ANAK KITA? INDONESIA PERINGKAT KE 3 DI DUNIA!!

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami