Bijak Kelola THR di Tengah Godaan Live Shopping dengan 10 Cara Ini
Sumber: Canva.com

Finance / 19 March 2024

Kalangan Sendiri

Bijak Kelola THR di Tengah Godaan Live Shopping dengan 10 Cara Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
1233

Menerima Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi momen spesial bagi banyak orang. Euforia menyambut THR dapat memicu keinginan untuk berbelanja, terlebih dengan gencarnya godaan live shopping di berbagai platform media sosial.

Namun, penting untuk bijak dalam mengelola THR agar tidak terlena dalam euforia berbelanja dan terhindar dari masalah keuangan di kemudian hari. Berikut beberapa tips bijak mengelola THR di tengah gempuran live shopping:

1. Buat Daftar Belanja

Sebelum tergoda live shopping, catat terlebih dahulu kebutuhan Anda. Buatlah daftar prioritas, mulai dari kebutuhan primer seperti makanan, kebutuhan rumah tangga, hingga kebutuhan sekunder seperti pakaian dan gadget.

2. Tetapkan Budget

Alokasikan dana THR Anda dengan bijak. Pisahkan antara dana untuk kebutuhan, tabungan, dan investasi. Hal ini penting untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan memastikan Anda memiliki dana untuk masa depan.

3. Hindari Impulsive Buying

Jangan mudah tergoda dengan penawaran menarik di live shopping. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkan produk tersebut. Pertimbangkan juga kualitas produk dan apakah sesuai dengan budget Anda.

4. Lakukan Riset

Sebelum membeli produk di live shopping, lakukan riset terlebih dahulu. Bandingkan harga di berbagai platform dan baca review dari pembeli lain. Pastikan Anda mendapatkan produk terbaik dengan harga yang wajar.

5. Ajak Teman atau Keluarga

Ajaklah teman atau keluarga saat menonton live shopping. Berikan masukan dan pertimbangan satu sama lain agar tidak tergoda membeli produk yang tidak dibutuhkan.

6. Batasi Waktu Menonton Live Shopping

Terlalu lama menonton live shopping dapat meningkatkan impulsivitas untuk membeli. Batasi waktu menonton dan fokus pada produk yang benar-benar Anda butuhkan.

7. Gunakan Fitur Wishlist

Beberapa platform live shopping menyediakan fitur wishlist. Manfaatkan fitur ini untuk menandai produk yang menarik dan bandingkan harganya di kemudian hari.

8. Pilih Platform Terpercaya

Pastikan Anda berbelanja di platform live shopping yang terpercaya. Hal ini untuk menghindari penipuan dan memastikan produk yang Anda beli berkualitas.

9. Ingat Tujuan Keuangan

Ingatlah tujuan keuangan Anda. Apakah Anda ingin menabung untuk membeli rumah, kendaraan, atau pendidikan? Gunakan THR Anda untuk mencapai tujuan tersebut.

10. Bersikap Skeptis

Jangan mudah percaya dengan semua yang ditawarkan di live shopping. Selalu periksa kredibilitas penjual dan kualitas produk sebelum membeli.

Ingatlah, THR adalah rezeki yang patut disyukuri dan dimanfaatkan dengan bijak sebagai salah satu prasarana untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami