PGI Resmikan Media Center, Sarana Baru bagi Wartawan Kristen
Sumber: Canva.com

News / 18 March 2024

Kalangan Sendiri

PGI Resmikan Media Center, Sarana Baru bagi Wartawan Kristen

Aprita L Ekanaru Official Writer
604

Pada Kamis (14/03/2024), Graha Oikoumene, Jakarta Pusat, menjadi saksi atas momen bersejarah bagi Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, didampingi oleh Pdt. Jacky Manuputty dan Direktur Urusan Agama Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia, Pdt. Dr. Amsal Yowei, melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya penggunaan ruang Media Center PGI.

 

BACA JUGA: Layanan Inklusif KUA Tidak Mengurangi Peran Lembaga Keagamaan, Ini Kata Plt Sekjen Kemenag

 

Tidak hanya dihadiri oleh awak media, namun prosesi pengguntingan pita ini juga disaksikan oleh sejumlah pimpinan sinode, tamu undangan, serta perwakilan lembaga mitra PGI. Setelah pengguntingan pita, Ketua Umum PGI bersama dengan Pdt. Dr. Amsal Yowei memotong tumpeng sebagai simbol peresmian. Potongan tumpeng diserahkan kepada Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Nasrani (Pewarna) Indonesia, Yusuf Mujiono, dan Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Media Kristen Indonesia (Perwamki), Stefano Margianto.

Media Center PGI, yang terletak di lantai 1 Grha Oikoumene, akan menjadi pusat sumber berita bagi para awak media untuk mendukung publikasi kegiatan PGI. Namun, ruangan ini juga akan menjadi tempat diskusi dan berbagi informasi.

"Pada akhirnya, PGI memfasilitasi tempat untuk mendukung kegiatan dari teman-teman jurnalis Kristen dalam membentuk dan mengembangkan pemberitaan, baik untuk jurnalis Kristen maupun teman-teman jurnalis lainnya. Silahkan nanti ruangan difungsikan dengan baik. Meski tidak luas, tapi kami sudah menyediakan Wifi, komputer, dan pendukung lainnya," ujar Sekretaris Umum PGI, Pdt. Jacklyn F. Manuputty, dalam sambutannya.

Stevano Margianto, Ketua Umum Perwamki, menyambut baik peresmian ini. Dia menyatakan terima kasih kepada MPH-PGI yang telah memberikan fasilitas Media Center bagi wartawan. "Ini menandakan bahwa PGI sebagai salah satu gereja aras nasional sangat memperhatikan dan peduli terhadap kiprah wartawan yang sering melakukan peliputan dan mendukung kinerja PGI," ujarnya.

Menurut Margianto, Media Center sangat penting untuk kelancaran tugas-tugas jurnalistik di era digital ini. Oleh karena itu, jadwal kegiatan PGI per minggu/bulan akan dipampang di ruangan Media Center untuk memudahkan wartawan dalam mendapatkan informasi.

Peresmian Media Center ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara PGI dan wartawan Kristen serta memfasilitasi pemberitaan yang lebih efektif. "Pesan saya kepada teman-teman wartawan yang melakukan aktivitas di Media Center, agar tetap mengikuti aturan PGI terutama terkait jam kerja setiap harinya. Dan yang paling penting adalah, mari kita sama-sama jaga dan rawat fasilitas Media Center tersebut dengan baik. Jadikan Media Center PGI sebagai tempat bersilahturahmi, diskusi yang sehat, guyup, rukun, antar sesama wartawan tanpa dibatasi sekat-sekat organisasi," pungkas Margianto.

 

BACA JUGA: PGI: Kami Belum Tentukan Sikap terkait KUA untuk Semua Agama

 

Yusuf Mujiono, Ketua Umum Pewarna Indonesia, juga menyambut baik peresmian ini. Baginya, Media Center PGI merupakan wujud dari aspirasi untuk memiliki tempat yang representatif bagi wartawan, khususnya wartawan Kristen. "Dengan dibukanya Media Center ini, saya mewakili Pewarna bisa mengeksplorasi diri, membuat diskusi, atau mengungkap berita-berita terkait kondisi kekristenan, tapi juga bangsa ini. Dan ini kiranya bermanfaat bagi kami wartawan nasrani untuk lebih leluasa lagi dalam memberitakan sekaligus membantu menyebarluaskan atau mempublikasikan apa yang dilakukan oleh PGI," tandasnya.

Peresmian Media Center PGI menjadi tonggak penting dalam upaya memperkuat hubungan antara gereja dan wartawan Kristen serta meningkatkan pemberitaan yang berkualitas. Diharapkan, ruang ini akan menjadi tempat yang ramah dan produktif bagi para wartawan dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik mereka.

Sumber : Website PGI
Halaman :
1

Ikuti Kami