7 Ayat Alkitab Tentang Keselamatan di Dalam Yesus Kristus
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 17 March 2024

Kalangan Sendiri

7 Ayat Alkitab Tentang Keselamatan di Dalam Yesus Kristus

Puji Astuti Official Writer
1530

Apakah Anda pernah merenungkan apa arti keselamatan? Dalam arti bahasa Indonesia, keselamatan bisa dijelaskan sebagai kondisi yang aman, selamat, bahagia dan sejahtera.  

Apa artinya keselamatan di dalam Yesus Kristus? 

Keselamatan di dalam Yesus Kristus adalah kondisi dimana kita aman, selamat, bahagia dan sejahtera oleh pengorbanan yang Yesus Kristus lakukan bagi kita. Kerena sebelumnya kita adalah manusia yang seharusnya binasa karena dosa-dosa kita.  

7 Ayat Alkitab Tentang Keselamatan di Dalam Yesus

Untuk lebih mengerti lebih dalam tentang keselamatan di dalam Yesus Kristus ini, mari kita renungkan bersama 7 ayat Alkitab ini: 

1. Yohanes 14:6 

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Melalui ayat di atas Tuhan Yesus Kristus sendiri menyatakan bahwa diri-Nya adalah satu-satunya jalan untuk datang kepada Bapa Sorgawi. Pada Diri-Nya ada jalan dan kebenaran dan kehidupan, hal ini mengacu kepada kehidupan kekal oleh penebusan darah-Nya.  

2. Yohanes 3:16-17 

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 

Dalam ayat di atas, Yesus Kristus menyatakan misi kedatangan-Nya ke dunia ini. Dia datang sebagai Anak Domba Allah, yang dikarunikan Bapa Sorgawi, sehingga melalui pengorbanan-Nya di kayu salib mereka yang percaya kepada-Nya memperoleh hidup yang kekal.  

3. Yesaya 53:5-6 

Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. 

Apa yang Yesus Kristus jalani hingga mati di kayu salib sudah dinubuatkan, Dia yang tak berdosa menjadi dosa karena kita. Karena Dia harus menanggung seluruh dosa dan kejahatan kita, sehingga melalui pengorbanan darah-Nya kita yang percaya kepada-Nya diselamatkan oleh iman.  

4. Roma 5:8-9 

Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. 

Tahukah Anda bahwa Tuhan Yesus menyelamatkan kita bahkan saat kita masih dalam keadaan berdosa? Keselamatan yang kita terima, semata-mata adalah anugerah-Nya.  

5. Yohanes 1:12 

Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; 

Ketika kita percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, maka status kita berubah dari sebelumnya seorang hukuman yang harus mati karena dosa menjadi anak-anak Allah yang mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.  

6. Efesus 1:13-14 

Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. 

Seperti sebuah meterai yang membuat selembar kertas menjadi memiliki kekuatan hukum yang kuat, demikian juga Roh Kudus dalam hidup kita menjadi jaminan atau meterai bahwa kita memperoleh keselamatan di dalam Yesus Kristus dan juga janji-janji Tuhan yang sudah Dia firmankan.  

7. Titus 2:11-14 

Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik. 

Anugerah keselamatan Allah adalah untuk semua manusia, termasuk kepada Anda dan saya. Namun ada langkah yang harus kita lakukan, yaitu menerima anugerah tersebut. Setelah kita mendapatkan keselamatan dan status sebagai anak-anak Allah, tentu saja gaya hidup kita juga harus berubah. Itulah sebabnya Alkitab menjadi sarana untuk mendidik kita memiliki gaya hidup yang serupa dan segambar dengan Yesus Kristus.  

Apakah Anda sudah menerima anugerah keselamatan yang Yesus Kristus berikan melalui pengorbanan-Nya di kayu salib?  

Jika Anda hari ini mau menerima anugerah keselamatan tersebut, inilah yang Alkitab katakan bagaimana caranya :  

Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.  (Roma 10:9-10)  

Jika Anda ingin berdoa untuk menerima Yesus sebagai Juru Selamat Anda, Anda dapat menggunakan doa berikut sebagai panduan. Doa adalah berbicara kepada Tuhan. Anda tidak perlu melakukan apa pun yang istimewa; berbicaralah kepada Tuhan dan ceritakan perasaan Anda tentang segala sesuatu.  

Tuhan Yesus yang terkasih,  

Saya tahu bahwa saya adalah orang berdosa dan membutuhkan pengampunan-Mu. Saya percaya bahwa Engkau telah mati di kayu salib untuk dosa-dosa saya dan bangkit dari kematian untuk memberikan saya hidup. Saya tahu bahwa Engkau adalah satu-satunya jalan menuju Tuhan. Jadi sekarang saya ingin berhenti tidak menaati Engkau dan mulai hidup untuk Engkau. Tolong ampuni saya, ubah hidup saya, dan tunjukkan kepada saya bagaimana mengenal Engkau. Dalam nama Yesus. Amin.  

Selamat, saat ini seluruh sorga bersukacita karena Anda. Alkitab menuliskan bahwa para malaikat bersorak sorai di hadapan Allah saat Anda menyerahkan hidup Anda kepada Allah (Lukas 15:10).   

Apakah Anda mau menceritakan pengalaman ini atau Anda ingin tahu tentang Tuhan Yesus Kristus lebih lagi? Hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami rindu mendengarkan kisah perjumpaan Anda dengan Tuhan Yesus Kristus.   

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami