THR Sebulan Lagi, Pelajari Cara Mengelola THR dengan Bijak untuk Menyambut Lebaran
Sumber: canva

Finance / 15 March 2024

Kalangan Sendiri

THR Sebulan Lagi, Pelajari Cara Mengelola THR dengan Bijak untuk Menyambut Lebaran

Claudia Jessica Official Writer
643

Menyambut Hari Raya Lebaran, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu hal yang paling dinanti oleh karyawan dan pekerja di Indonesia.

THR biasanya paling cepat diberikan 10 hari menjelang hari raya.

THR adalah bonus tahunan yang diberikan guna membantu memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Lebaran.

Namun, agar THR tidak habis sia-sia, berikut beberapa cara mengelolanya dengan bijak:

1. Ubah Mindset tentang Uang THR

Sebagian besar orang cenderung bersikap konsumtif saat mendapatkan THR. Namun, ingatlah bahwa THR seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran, seperti mudik dan persiapan lainnya.

Penting untuk tidak menganggap THR sebagai bagian dari gaji bulanan yang bisa digunakan seenaknya. Jika semua kebutuhan telah terpenuhi, pertimbangkan untuk menyisihkan sisa uang THR untuk tabungan atau investasi guna memperkuat keuangan jangka panjang.

Memiliki mindset yang tepat tentang uang THR akan membantu Anda lebih berhati-hati dalam mengelolanya. Menganggap THR sebagai tambahan yang sementara dan memperhatikan kebutuhan utama akan membantu Anda memanfaatkannya dengan lebih bijak.

2. Susun Budgeting Terkait Penggunaan THR

Buat anggaran yang mengalokasikan persentase dana THR untuk berbagai keperluan. Misalnya, alokasikan sekitar 10-15% untuk tabungan dan investasi, serta 50-70% untuk memenuhi kebutuhan Lebaran seperti belanja baju baru, keperluan dapur, dan lainnya. Dengan melakukan budgeting, Anda dapat lebih terarah dalam menggunakan THR dan menghindari pemborosan yang tidak perlu.

Budgeting adalah kunci untuk mengelola keuangan dengan baik, termasuk uang THR. Dengan membuat rencana yang jelas tentang bagaimana uang THR akan digunakan, Anda dapat menghindari pengeluaran yang tidak terduga dan menjaga keuangan tetap seimbang.

3. Memberi Lebih Banyak

Manfaatkan momen THR dengan memberi dan berbagi lebih banyak kepada orang yang membutuhkan. Ingatlah bahwa berkat yang Tuhan berikan, bukan hanya untuk kita. Kita adalah saluran berkat-Nya bagi orang lain.

Dengan memberi, Anda tidak hanya menyenangkan orang lain, tetapi juga menyenangkan Tuhan karena telah melakukan perintah-Nya.

Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk menabur melalui perumpamaan tentang penabur. Dalam perumpamaan ini, penabur pergi untuk menabur benih. Beberapa benih jatuh di pinggir jalan, beberapa di tempat berbatu, dan yang lain di antara duri. Namun, ada juga benih yang jatuh di tanah yang baik dan menghasilkan buah.

4. Belanja Cerdas

Jika menggunakan sebagian dana THR untuk kebutuhan hari raya, prioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Manfaatkan promo dan pertimbangkan berbelanja online jika lebih murah dan praktis. Hindari tergoda dengan diskon besar-besaran yang sebenarnya tidak diperlukan, dan fokuslah pada barang atau layanan yang benar-benar dibutuhkan.

Belanja cerdas adalah keterampilan penting yang akan membantu Anda menghemat uang tidak hanya saat menyambut hari raya, tetapi juga sepanjang tahun.

Dengan membandingkan harga, mencari diskon, dan membeli hanya barang yang benar-benar diperlukan, Anda dapat menggunakan uang THR dengan lebih efisien.

5. Alokasikan THR dengan Bijak

Buat pos pengeluaran untuk keperluan Hari Raya Lebaran, seperti mudik, belanja kebutuhan pokok, dan memberi amplop untuk keluarga besar.

Idealnya, alokasi untuk keperluan Lebaran sebaiknya tidak melebihi 60% dari total THR. Dengan mengatur alokasi THR dengan bijak, Anda dapat menghindari pengeluaran berlebihan dan menjaga keuangan tetap stabil setelah hari raya.

Memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana uang THR akan dialokasikan akan membantu Anda menghindari pemborosan dan mengelola keuangan dengan lebih baik.

Dengan memprioritaskan kebutuhan dan membuat keputusan yang bijak tentang pengeluaran, Anda dapat menggunakan uang THR dengan lebih efektif.

Mengelola THR dengan bijak bukan hanya tentang bagaimana menggunakan uang dengan tepat pada saat ini, tetapi juga tentang membangun kebiasaan dan pola pikir yang baik dalam mengelola keuangan secara keseluruhan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menyambut Hari Raya dengan lebih tenang dan lebih siap secara finansial.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami