ART Pulang Kampung, Suami & Istri Bijak Bagi Kerjaan
Sumber: Canva.com

Relationship / 7 March 2024

Kalangan Sendiri

ART Pulang Kampung, Suami & Istri Bijak Bagi Kerjaan

Aprita L Ekanaru Official Writer
969

Memiliki asisten rumah tangga (ART) memang membantu meringankan beban pekerjaan rumah tangga. Namun, terkadang situasi tak terduga seperti ART pulang kampung bisa membuat panik. Saat ART tak ada, pasangan suami dan istri harus pintar-pintar membagi pekerjaan rumah tangga agar tetap berjalan lancar. Mulai darimana? Apa saja yang dapat Anda lakukan bersama pasangan untuk menghadapi masalah ini?

1. Komunikasi Terbuka dan Jujur

Hal pertama yang penting adalah komunikasi terbuka dan jujur antara suami dan istri. Bicarakan tentang kekhawatiran dan ekspektasi masing-masing terkait pekerjaan rumah tangga selama ART tak ada. Buatlah daftar pekerjaan yang perlu dilakukan dan diskusikan bagaimana membaginya secara adil.

2. Bagi Pekerjaan Sesuai Kemampuan dan Minat

Setiap orang memiliki kemampuan dan minat yang berbeda. Suami dan istri dapat membagi pekerjaan rumah tangga berdasarkan kemampuan dan minat masing-masing.

3. Kerja Sama dan Saling Bantu

Penting untuk saling membantu dan bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Jangan ragu untuk membantu pasangan mengerjakan tugasnya jika sudah menyelesaikan tugas sendiri.

4. Gunakan Teknologi

Teknologi dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga. Gunakan peralatan elektronik seperti mesin cuci, vacuum cleaner, dan rice cooker untuk menghemat waktu dan tenaga.

5. Libatkan Anak-Anak

Jika memiliki anak, ajarkan mereka untuk membantu pekerjaan rumah tangga sesuai dengan usia dan kemampuannya. Hal ini akan membantu meringankan beban dan sekaligus mengajari anak tentang tanggung jawab.

6. Atur Jadwal yang Fleksibel

Membuat jadwal pekerjaan rumah tangga memang penting, namun jangan terlalu kaku. Terkadang ada situasi yang tidak terduga sehingga perlu fleksibilitas dalam menyelesaikan pekerjaan.

7. Apresiasi dan Saling Mengakui Usaha

Penting untuk saling mengapresiasi dan mengakui usaha pasangan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Hal ini akan memberikan motivasi dan semangat untuk terus bekerja sama.

8. Tetap Tenang dan Positif

Situasi saat ART pulang kampung memang bisa membuat stres. Namun, penting untuk tetap tenang dan positif. Hadapilah situasi ini dengan semangat dan jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk belajar bekerja sama dan saling menghargai.

Dengan komunikasi yang baik, kerja sama, dan saling pengertian, suami dan istri dapat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan baik meskipun ART pulang kampung. Jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan rasa saling menghargai.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami