7 Cara Mewariskan Gaya Hidup Sehat pada Anak
Sumber: Canva.com

Relationship / 7 March 2024

Kalangan Sendiri

7 Cara Mewariskan Gaya Hidup Sehat pada Anak

Aprita L Ekanaru Official Writer
786

Mewariskan gaya hidup sehat kepada anak adalah langkah penting agar kebiasaan baik ini terbawa hingga mereka dewasa. Anak-anak adalah peniru ulung, mereka belajar banyak dari apa yang mereka lihat dan lakukan orang tua. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menunjukkan contoh gaya hidup sehat dalam keseharian. 

Berikut adalah sembilan cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengajari anak hidup sehat:

1. Mengatur Porsi yang Cukup

Ajarkan anak tentang prinsip sederhana hidup sehat, yaitu jangan makan atau minum berlebihan. Sesuaikan juga asupan karbohidrat, protein, dan lemak dengan usia dan kebutuhan anak.

2. Membiasakan Anak Mengunyah Makanan Perlahan

Anak akan lebih mudah mengenali apakah dia masih lapar atau sudah kenyang jika mengunyah makanan secara perlahan. Jika anak ingin tambahan makanan, tunggu sekitar 15 menit sebelum memberikan porsi lebih kecil.

3. Ciptakan lingkungan yang mendukung

Lingkungan yang mendukung dapat membantu anak-anak untuk lebih mudah menerapkan gaya hidup sehat. Sediakan makanan bergizi di rumah, batasi akses terhadap makanan olahan dan minuman manis, serta sediakan ruang dan peralatan untuk aktivitas fisik.

4. Makan Bersama Keluarga sebagai Rutinitas

Jadikan makan bersama keluarga sebagai momen menyenangkan. Sambil makan, Anda bisa menyisipkan informasi mengenai nutrisi dan pentingnya makanan sehat kepada anak.

5. Jangan Jadikan Makanan sebagai Hukuman atau Penghargaan

Menghukum anak dengan tidak memberinya makan malam hanya akan membuatnya kelaparan. Sebaliknya, memberi permen atau makanan manis sebagai penghargaan akan membuat anak menganggap makanan tersebut lebih bernilai daripada makanan sehat.

6. Pastikan Anak Minum Air Putih

Membiasakan anak minum air putih sangat penting. Terlalu banyak minum minuman manis dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

7. Dorong anak untuk aktif bergerak

Ajaklah anak Anda berolahraga bersama, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Anda juga bisa mendaftarkan mereka ke klub olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami