7 Tes Kesehatan untuk Wanita Saat Memasuki Usia 40-an
Sumber: canva.com

Health / 7 March 2024

Kalangan Sendiri

7 Tes Kesehatan untuk Wanita Saat Memasuki Usia 40-an

Claudia Jessica Official Writer
916

Dengan bertambahnya usia, umumnya terjadi penurunan fungsi tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga cenderung melemah, yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Umumnya, saat memasuki usia pertengahan, terutama sekitar usia 40-an, menjadi saat yang penting bagi wanita untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan mereka. Berikut adalah tujuh tes kesehatan yang sangat penting bagi wanita saat memasuki usia 40-an

1. Pemeriksaan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan umum yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Wanita di usia 40-an harus secara teratur memeriksa tekanan darah mereka untuk mendeteksi dini apakah mereka memiliki tekanan darah tinggi.

 

BACA JUGA: Catat! Menurut Alkitab, 5 Penyakit Hati Ini Termasuk Berbahaya

 

2. Tes Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Tes kadar kolesterol dapat membantu menilai risiko seseorang terkena penyakit jantung. Penting untuk mengontrol kadar kolesterol Anda melalui pola makan sehat, olahraga teratur, dan jika perlu, obat-obatan.

3. Pemeriksaan Kadar Gula Darah

Pemeriksaan kadar gula darah penting untuk deteksi dini diabetes tipe 2. Wanita di usia 40-an harus memeriksakan kadar gula darah mereka secara teratur, terutama jika memiliki riwayat diabetes dalam keluarga atau memiliki faktor risiko lainnya seperti obesitas atau ketidakaktifan fisik.

4. Pemeriksaan Mata

Perubahan pada penglihatan sering terjadi seiring bertambahnya usia. Pemeriksaan mata rutin dapat membantu mendeteksi dini masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, atau glukoma.

5. Skrining Kanker Serviks

Pemeriksaan Pap smear adalah tes penting untuk deteksi dini kanker serviks. Wanita di usia 40-an sebaiknya menjadwalkan pemeriksaan Pap smear secara teratur sesuai dengan rekomendasi dokter mereka.

6. Pemeriksaan Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling sering dijumpai pada wanita. Wanita di usia 40-an harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan dan menjalani mammografi secara teratur sesuai dengan panduan yang direkomendasikan oleh dokter mereka.

 

BACA JUGA: 4 Penyakit yang Rentan Dialami Wanita Usia 40 Tahun ke Atas

 

7. Pemeriksaan Tiroid

Gangguan tiroid umum terjadi pada wanita, terutama saat memasuki usia 40-an. Tes fungsi tiroid dapat membantu mendeteksi dini gangguan tiroid seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme.

Selain ketujuh hal di atas, penting juga untuk melakukan tes kesehatan mental karena biasanya wanita yang berusia 40-an rentan mengalami depresi. Usia 40 merupakan usia peralihan dimana wanita mendekati masa menopause dimana terjadi perubahan hormon yang dapat membuat wanita lebih mudah stres.

Beragam tes kesehatan untuk wanita ini dijalankan sebagai tindakan pencegahan awal terhadap berbagai penyakit serius yang mungkin muncul seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis dan jadwal tes yang sesuai untuk Anda.

Sumber : hellosehat
Halaman :
1

Ikuti Kami