4 Ide Tema Paskah Buat Kakak Guru Sekolah Minggu
Sumber: pexels.com

Relationship / 5 March 2024

Kalangan Sendiri

4 Ide Tema Paskah Buat Kakak Guru Sekolah Minggu

Wisnu Prianggani Contributor
7467

Karakter anak adalah bagian penting dalam membentuk kepribadian dan sikap mereka di masa depan. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua atau pengajar untuk menanamkan nilai-nilai Kekristenan yang benar. Kita tahu bahwa paskah selalu menjadi waktu yang spesial bagi umat Kristen di seluruh dunia, bahkan beberapa gereja menentukan tema untuk perayaan masing-masing.

Selain memperingati kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, Paskah adalah waktu perayaan yang bisa dijadikan sarana dan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai Kristen yang penting untuk membentuk karakter anak dengan benar.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan berbagi 4 ide tema Paskah khusus anak Sekolah Minggu yang dapat membantu anak-anak untuk memahami pentingnya mengalahkan sifat buruk dan membentuk karakter yang baik.

1. Meninggalkan Ego dan Jadi Lebih Baik

Sifat egois adalah sifat yang dapat menghalangi seseorang untuk menjadi lebih baik dan bahkan dapat membahayakan hubungan sosial dengan orang lain. Anak-anak adalah fase yang tepat untuk seseorang dapat mengenal dirinya dan orang lain dengan benar tanpa sifat ego yang buruk.. Tema ini dapat diajarkan dengan mengambil contoh dari kehidupan Yesus Kristus yang rela mengorbankan diri-Nya demi keselamatan umat manusia. Ayat Alkitab yang dapat digunakan untuk mendukung tema ini adalah Filipi 2:3-4, “...dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”

 

Baca Juga: Ide-ide acara Paskah Sekolah Minggu

 

2. Memaafkan Seperti Tuhan Memaafkan Kita

Memaafkan adalah sifat yang penting dilakukan bahkan seharusnya dilakukan dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari, namun terkadang hal itu memang sangat sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, tema kedua ini dapat mengajarkan anak-anak untuk dapat belajar memaafkan kesalahan orang lain, sama seperti Tuhan yang sudah terlebih dahulu memaafkan kesalahan kita. Ayat Alkitab yang dapat digunakan untuk mendukung tema ini adalah Kolose 3:13, “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

 

3. Menang atas Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri adalah hal yang harus dilakukan oleh seseorang sebelum mulai mengenal orang lain. Dalam hal ini mengalahkan sifat buruk dalam sangat penting dilakukan meskipun tidak selalu mudah. Oleh karena itu, diharapkan tema ketiga ini dapat menjadi pelajaran bagi anak-anak agar dapat mngenal dirinya dengan baik dan menang atas sifat buruk yang ada di dalam diri. Tema ini dapat diajarkan dengan mengambil contoh dari kehidupan Paulus yang berusaha untuk mengendalikan nafsu dagingnya. Ayat Alkitab yang dapat digunakan untuk mendukung tema ini adalah 1 Korintus 9:27, “Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.”

 

Baca Juga: Sudah Waktunya Kalian Mulai 6 Tradisi Paskah Seru Ini Bareng Keluarga

 

4. Berbagi Kasih dan Kebaikan

Berbagi kasih dan kebaikan dengan orang lain merupakan sifat yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tema keempat yang dapat diangkat ini secara tidak langsung dapat mengajarkan anak mengenai penginjilan. Anak-anak dapat diajarkan untuk berbuat baik pada orang lain tanpa mengharapkan imbalan, sehingga orang lain dapat mengenal karakter Kristus di dalam dirinya. Ayat Alkitab yang dapat digunakan untuk mendukung tema ini adalah Efesus 4:32, “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Menjelang Paskah, orang tua dan pengajar memang harus kreatif memanfaatkan momen yang tepat ini untuk mengajarkan anak tentang kasih Kristus serta membentuk karakter anak dengan benar. Memang ada banyak sekali ide atau tema yang bisa digunakan untuk merayakan Paskah, namun dengan menggunakan keempat ide tema Paskah di atas, anak-anak diharapkan dapat belajar tentang nilai-nilai Kristen yang penting, seperti mengalahkan sifat buruk dan berbuat baik pada orang lain.

Selain itu, ayat-ayat Alkitab yang digunakan dapat menjadi dasar untuk memperkuat iman dan karakter anak-anak. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan waktu Paskah untuk memberikan pengajaran yang bermanfaat bagi generasi muda.

Halaman :
1

Ikuti Kami