Gereja di Burkina Faso Diserang, 15 Orang Meninggal
Sumber: jawaban.com

News / 5 March 2024

Kalangan Sendiri

Gereja di Burkina Faso Diserang, 15 Orang Meninggal

Claudia Jessica Official Writer
598

Sebuah gereja di Burkina Faso, Afrika diserang pada hari Minggu, 25 Februari 2024. Sebanyak 12 orang Kristen tewas seketika, dan tiga lainnya meninggal di rumah sakit setelah para militan menembakkan senjata api ke gereja di desa Essakane di timur laut negara Burkina Faso.

Tidak ada tanggapan langsung dari pihak berwenang di ibukota negara itu. Saat ini, lebih dari sepertiga wilayah Burkina Faso berada di bawah kendali pemberontak.

Pihak berwenang telah berperang melawan kelompok-kelompok Islam yang terkait dengan Al-Qaeda dan Negara Islam yang menguasai wilayah-wilayah besar dan menggusur jutaan orang di wilayah Sahel. Dalam tiga tahun terakhir, gereja-gereja telah menjadi sasaran, dan puluhan jemaat tewas.

Open Doors, sebuah lembaga misi Kristen, menyatakan bahwa bagian utara negara itu dilanda kekerasan serius sejak kepergian pasukan Prancis dari negara itu tahun lalu. Setidaknya 800.000 orang di Burkina Faso hidup di bawah pengepungan kelompok-kelompok radikal.

Joh Newhouse, juru bicara Open Doors untuk Afrika sub-Sahara, mengatakan bahwa sebenarnya Burkina Faso dikenal karena toleransi agama dan keharmonisan sosial. Namun, pemberontakan yang semakin berkembang mengancam kehidupan berdampingan yang damai.

Orang-orang Kristen terkena dampak pemberontakan yang semakin berkembang di negara tersebut, dengan gereja-gereja dan komunitas-komunitas Kristen menjadi target serangan.

Paus Fransiskus mengecam serangan brutal tersebut.

Mari kita berdoa bagi umat Tuhan di seluruh dunia yang mengalami penganiayaan agar iman mereka semakin kuat dan mampu menghadapi berbagai kesulitan yang mereka alami.

Firman Tuhan dalam Yohanes 16:33 berkata, “Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Video Gereja di Burkina Faso Diserang, 15 Orang Meninggal

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami