VIDEO : AI: SAHABAT ATAU MUSUH? ORANG KRISTEN HARUS APA?
Sumber: Jawaban Channel

Berita CBN / 4 March 2024

Kalangan Sendiri

VIDEO : AI: SAHABAT ATAU MUSUH? ORANG KRISTEN HARUS APA?

Puji Astuti Official Writer
649

Dunia dibuat kagum oleh pesatnya perkembangan artificial intelligent (AI) atau kecerdasan mesin buatan, salah satunya adalah AI yang membuat video dari perintah teks besutan OpenAI yang diberi nama SORA.  

AI model dari teks menjadi visual video SORA diluncurkan oleh OpenAI pada 15 Februari 2024 lalu, dengan hasil video yang sulit dibedakan oleh mata kalau video tersebut adalah buatan mesin dan obyek video tersebut bukanlah manusia nyata tapi hasil rekayasa mesin.  

Kemampuan mesin kecerdasan buatan terus meningkat dengan pesat, bahkan banyak ahli meramalkan bahwa Artificial General Intelligence (AGI) yang kecerdasannya melebihi manusia akan segera terwujud. Jika hal ini terjadi, ada kekuatiran besar yang muncul dimana peradaban manusia akan terancam keberadaannya.  

Kekuatiran tersebut bukan tidak berdasar, mereka yang menyatakan akan adanya ancaman ini adalah mereka yang berkutat di dunia kecerdasan buatan seperti CEO OpenAI Sam Altman dan CEO SpaceX Ellon Musk.  

Kecerdasan buatan akan mengubah sejarah manusia, dengan berbagai terobosan dan resikonya. Namun sadarkah kita bahwa yang harus menanggung resiko terbesar dengan perkembangan teknologi ini  adalah generasi anak-anak kita?  

Dengan algoritma yang sudah diatur, anak-anak dan remaja akan mencuci otak mereka dengan berbagai informasi, games dan hiburan online. Bahkan dalam waktu dekat, AI akan menjadi guru, penasihat, dan sahabat bagi generasi anak dan remaja. Mengapa? Karena mereka berinteraksi setiap hari dengan gawai mereka sehingga AI bisa mengenal mereka lebih dekat daripada orangtua mereka sendiri.  

Bagaimana kita sebagai orangtua Kristen menyiasati pola pengasuhan di era kecerdasan buatan ini? Apakah AI menjadi sahabat atau musuh bagi kita? Hal inilah yang dijawab dalam program Cahaya Bagi Negeri yang menghadirkan Komjen Pol (Purn) Dharma Pangrekun, Mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara.  

Hal yang mengejutkan, Komjen Pol (Purn) Darma mengungkapkan bahwa kecerdasan buatan memiliki agenda untuk menguasai kehidupan manusia melalui teknologi, dan dibelakangnya ada peran iblis. Mengapa demikian? Mari saksikan perbincangan selengkapnya dalam video ini: 

Tonton juga episode lainnya : 

VIDEO: KASUS PERCERAIAN DI INDONESIA 1400/HARI! INI RAHASIA PERNIKAHAN LANGGENG

VIDEO: Dilema Para Wanita, Karir Atau Jadi Ibu Rumah Tangga

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami