5 Bahan Khotbah Kristen untuk Menguatkan Iman Jemaat
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 1 March 2024

Kalangan Sendiri

5 Bahan Khotbah Kristen untuk Menguatkan Iman Jemaat

Claudia Jessica Official Writer
2687

Pendeta memiliki tanggungjawab yang besar dalam menggembalakan domba-dombaNya, termasuk dengan membuat jemaat di gerejanya bertumbuh dalam iman.

Iman menjadi bagian penting dalam kehidupan orang Kristen karena tanpa iman, sia-sialah semua kehidupan kita di dunia ini.

Yakobus 2:14-26 memberitahu kita bahwa iman yang benar, akan membawa perubahan dalam hidup kita, dan menghasilkan perbuatan yang baik. Bukan perbuatan itu yang menyelamatkan kita, tetapi iman yang menyelamatkan kita menghasilkan perbuatan baik.

Lewat 5 bahan khotbah kristen untuk menguatkan iman jemaat ini, semoga kita bisa memberitakan Firman Tuhan dengan benar dan membantu jemaat untuk bertumbuh dalam iman mereka.

1. JUDUL: Berusaha Menjaga Api Iman Tetap Menyala

Tak seorangpun pastinya dari kita suka dengan kondisi dimana segala sesuatunya penuh dengan tekanan, dikejar deadline dan ekspektasi yang tidak tercapai. Biasanya kondisi-kondisi ini akan menguji iman kita; kita bisa bereaksi, marah, kecewa, kesal. Sehingga damai sejahtera kita hilang.

Menjaga iman dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu itu tentu saja merupakan sebuah tantangan! Ya, pastinya tak semua orang dapat mempertahankan iman tanpa kuasa Tuhan yang menolong.

Baca khotbah ini selengkapnya, klik di sini.

 

2. JUDUL: Pelajaran Iman Dari 5 Tokoh Alkitab Yang Berdiri Teguh Dalam Tuhan

Dalam sejarah Alkitab, banyak sekali tokoh-tokoh yang menjadi contoh bagi umat Tuhan akan pentingnya mempertahankan iman dan mengasihi Tuhan. Dalam keadaan sulit dan rintangan, mereka tetap teguh dalam iman dan tidak takut untuk menjalankan perintah Tuhan. Inilah 5 tokoh Alkitab yang rela mempertahankan iman mereka karena mengasihi Tuhan, klik di sini.

 

3. JUDUL: Siapa yang Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Bisa Menumbuhkan Iman Kita Lho

Iman bisa diibaratkan seperti otot dalam tubuh kita. Kita diberikan semua yang kita perlukan, tetapi jika kita tidak menggunakan atau melatih kekuatan tersebut, maka kekuatan itu akan menjadi lemah dan tidak efektif.

Yesus pernah berkata kepada kita bahwa jika kita memiliki iman meski sebesar biji sesawi, kita bisa memindahkan gunung yang besar. Maka dari itu, kita perlu memelihara dan menumbuhkan iman untuk menaklukkan hal-hal besar.

Tahukah Anda, ada 7 kebiasaan kecil yang bisa menumbuhkan iman kita? Mari kita lihat apa saja itu, klik di sini untuk bahan khotbah selengkpanya.

 

4. JUDUL: Kalahkan Sakit Penyakit dengan Iman, Inilah 10 Ayat Tentang Kesembuhan

Banyak orang yang sedang berjuang melawan penyakit. Mungkin Anda adalah salah satunya. Tahukah Anda kalau Anda tidak sendiri dalam menghadapi masa-masa sulit ini. Tidak peduli bagaimanapun keadaannya, permohonan, doa, dan harapan adalah hal yang lazim bagi seseorang yang mengharapkan kesembuhan.

Salah satu sumber kedamaian dan kenyamanan selama masa-masa sulit adalah Alkitab, terutama firman Tuhan yang mengatakan tentang kesembuhan.

Baik itu penyakit fisik, mental, atau bahkan emosional, berdoa atas kesembuhan untuk mengatasinya adalah respon yang tepat. Ayat-ayat Alkitab tentang kesembuhan memberikan kita penghiburan dan kekuatan ketika membacanya. Ayat-ayat tentang kesembuhan ini mampu meringankan beban kita. Mari kita baca selengkapnya, klik di sini.

 

5. JUDUL: Kenakan Perisai Imanmu!

Dalam bahasa Yunani “perisai iman” diartikan dalam dua hal yaitu pertama, perisai yang terbuat dari baja yang kuat dan bentuknya bulat. Sedangkan yang kedua, perisai yang bentuknya persegi panjang yang berupa seperti pintu dan bisa menutupi seluruh tubuh.

Pengertian ini digunakan oleh rasul Paulus untuk menggambarkan senjata perlindungan yang harus dimiliki oleh prajuritnya Allah. Artinya kita sebagai prajurit Allah harus menjagai seluruh hidup kita dengan iman (Ibrani 1). Karena itu penting bagi kita untuk memiliki perisai iman di dalam Kristus sendiri, yang merupakan sumber kekuatan dari segala sesuatunya.

Karena itu, kalau Yesus sendiri yang menjadi dasar dari iman kita percayalah apapun yang Dia janjikan sesuai dengan rencana-Nya itu pasti terjadi karena Dia sanggup menggenapinya.

Baca materi lengkapnya, klik di sini.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami