Betania, Bukan Sekedar Kampung Halaman Maria, Marta dan Lazarus
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 29 February 2024

Kalangan Sendiri

Betania, Bukan Sekedar Kampung Halaman Maria, Marta dan Lazarus

Puji Astuti Official Writer
682

Tempat ini dikenal sebagai kampung halaman dari tiga bersaudara yang menjadi teman Yesus Kristus. Mereka adalah Maria, Marta dan Lazarus. Ya, disinilah kota dimana Yesus membuat mujisat membangkitkankan Lazarus yang telah mati selama empat hari. Mari kita pelajari bersama Fakta Alkitab tentang Desa Betania.  

Letak Betania Saat Ini 

Letak Desa Betania saat ini hanya berjarak 3.2 kilometer dari Yerusalem. Nama kota ini sekarang adalah Al-Eizariya atau Al-Izzariya, yang artinya adalah “kediaman Lazarus” atau rumah Lazarus. Kata Al-Eizariya berasal dari kata Arab “el-Azir” yaitu nama Lazarus dalam bahasa Arab. 

Dipercaya desa kuno Betania berada di lereng di posisi yang lebih tinggi, berada di wilayah lereng di tenggara Bukit Zaitun.  

Arti Nama Betania 

Ada beberapa pendapat tentang arti nama Betania dari para ahli sejarah Alkitab. Pendapat yang pertama menyatakan Betania artinya adalah “rumah kurma”, hal ini dinyatakan oleh ahli teologi Joseph Barber Lightfoot.  

Namun hal tersebut dibantah oleh Emanuel Deutsch dari British Museum yang mengatakan bahwa pernyataan Lightfoot tidak berdasar. Deutsch mengajukan akar kata Betania dari Bahasa Suriah yang berarti “Rumah Penderitaan” atau “Rumah Yang Buruk.”  

Pendapat ini diperkuat oleh pandangan dari Jerome dari Stridon, yang menterjemahkan Alkitab ke bahasa Latin. Kata Betania dalam bahasa Aramic adalah “beit 'anya”, dimana arti kata ini berkaitan dengan fungsi desa tersebut sebagai tempat perawatan orang sakit dan membantu orang miskin dan peziarah yang akan ke Yerusalem 

Pendapat lainnya ada yang mengambil akar kata dari Bahasa Aram, Beit Hini yang artinya adalah “rumah buah ara.” 

Catatan Alkitab tentang Betania 

Di dalam Alkitab dicatat bahwa Yesus Kristus mengunjungi desa Betania beberapa kali, diantaranya adalah : 

  • Yesus mengunjungi rumah Maria dan Marta, dalam Lukas 10:37-42 dituliskan bagaimana Marta sibuk melayani para tamunya namun Maria duduk dekat kaki Tuhan Yesus mendengarkan pengajarannya. Sekalipun disitu tidak disebutkan bahwa kampung itu adalah Betania, para ahli percaya merekalah Maria dan Marta saudara Lazarus yang dibangkitkan itu.  
  • Yesus membangkitkan Lazarus (Yohanes 11:1-45).  
  • Enam hari sebelum hari Paskah, Yesus kembali datang ke Betania, ke rumah Lazarus. Pada malam perjamuan tersebut, Maria datang dan meminyaki kaki Yesus dengan minyak Narwastu. Hal ini dikritik oleh Yudas Iskariot, namun Yesus membelanya dan berkata, “Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu.” (Yohanes 12:7-8). Di dalam catatan Matius 26:6 dan  
  • Peristiwa Minggu Palma, saat Yesus akan memasuki kota Yerusalem  mengendarai seekor keledai, lalu dielu-elukan oleh penduduk Yerusalem.  Dia memulainya dekat dengan Betania (Lukas 19:29, Markus 14: 3-9). 
  • Setelah peristiwa menyucikan Bait Allah dengan mengusir para penukar uang, Yesus pergi bermalam di Betania (Matius 21:12-17) 
  • Ketika Yesus terangkat ke Sorga, Dia bersama dengan murid-murid-Nya berada di dekat Betania (Lukas 24:50). Atau lebih tepatnya peristiwa itu di Bukit Zaitun yang tepat di seberang Betania. Jadi kota tersebut menjadi saksi kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga.  

Hingga saat ini, Kota Betania dikenal sebagai kampung halaman Lazarus, orang yang pernah dibangkitkan oleh Yesus Kristus. Namun bagi kita yang percaya kepada Yesus Kristus, kota ini menjadi pengingat bagi kita bahwa Yesus Kristus bukan hanya sanggup membangkitkan orang mati, tapi Dia sendiri telah bangkit dari kematian dan menebus kita. Bahkan Dia telah naik ke Sorga mempersiapkan tempat bagi kita yang percaya kepada-Nya.  

Apakah Anda percaya dengan apa yang malaikat katakan kepada murid-murid Yesus di dekat Betania bahwa Yesus akan kembali dengan cara yang sama seperti ketika Dia naik ke Sorga? Mari kita pergunakan waktu kita dengan baik sambil menantikan kedatangan-Nya yang kedua kali. Tuhan Yesus memberkati.  

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami