Mau Mengurangi Kerutan dan Tanda Penuaan di Wajah? Ikuti Langkah Ini ya!
Sumber: canva.com

Health / 28 February 2024

Kalangan Sendiri

Mau Mengurangi Kerutan dan Tanda Penuaan di Wajah? Ikuti Langkah Ini ya!

Claudia Jessica Official Writer
462

Siapa yang tidak mau punya wajah yang awet muda? Saya rasa banyak dari kita yang ingin tetap terlihat muda meski usia sudah menginjak 30-40an. Wajah cerah yang sehat dan bebas kusam adalah dambaan setiap wanita.

Memang, proses penuaan alami tidak bisa dihindari, tapi kita bisa mengambil langkah-langkah untuk merawat kulit wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membantu Anda mengurangi kerutan dan tanda penuaan di wajah supaya wajah tetap segar dan awet muda:

1. Pakai Skincare dengan Kandungan Retinoid

Salah satu cara utama untuk mengatasi kerutan di wajah adalah dengan menggunakan skincare yang tepat. Anda bisa memilih produk anti-aging dengan kandungan retinoid.

 

BACA JUGA: Kenapa Kita Perlu Double Cleansing?

 

Retinoid, yang meliputi retinol, retinal aldehyde (Retin-A), tazarotene, dan tretinoin, adalah bahan kimia yang berasal dari vitamin A. Kandungan ini secara ampuh dapat mengurangi garis halus maupun kerutan di wajah dengan memperbaiki tekstur, pigmen, dan tingkat hidrasi kulit.

Retinoid juga dapat menembus jauh ke dalam lapisan kulit untuk mengaktifkan kolagen dan elastin sehingga memberikan dukungan pada kulit. Alhasil, kondisi kulit yang mengendur jadi lebih baik.

2. Pakai Sunscreen

Kerutan di kulit bisa terbentuk karena intensnya paparan sinar UV dari matahari di siang hari. Selain membakar kulit, sinar UV juga bisa merusak sel-sel sehat sehingga mengurangi elastisitas kulit. Anda diwajibkan untuk menggunakan sunscreen setidaknya dengan SPF 30 setiap hari.

Ingat untuk mengaplikasikan sunscreen kembali setiap 2 jam sekali, bahkan jika Anda tidak sedang beraktivitas di bawah sinar matahari. Meski tidak menghilangkan kerutan yang sudah muncul, penggunaan tabir surya membantu mengurangi terbentuknya kerutan baru di wajah.

 

 

BACA JUGA: Sepenting Apa Sih Penggunaan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit?

 

3. Gunakan Masker Wajah

Rutin menggunakan masker wajah juga dapat membantu mengurangi kerutan. Pilih masker yang bahan utamanya adalah tanah liat (clay) atau belerang (sulfur) dengan kandungan asam hialuronat dan antioksidan. Terutama jika wajah Anda berjerawat dan kering, masker tersebut dapat menghidrasi kulit, menyerap minyak, dan mengurangi peradangan.

4. Lakukan Pijat Wajah

Selain memperhatikan pilihan produk skincare, pijatan di wajah bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan kerutan. Memijat wajah memicu relaksasi otot dan melancarkan aliran darah di seluruh kulit wajah. Efeknya, tampilan kerutan pun jadi memudar. Cobalah langkah-langkah berikut untuk melakukan pijat wajah:

  • Gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk mencubit dengan lembut di sepanjang garis rahang, dari dagu hingga bagian bawah cuping telinga Anda.
  • Pijat sendi pertemuan rahang dengan tulang pipi dengan gerakan memutar. Lakukan pijatan searah jarum jam beberapa kali dan kemudian berlawanan arah jarum jam.
  • Tekan jari Anda ke salah satu sisi hidung, di dasar lubang hidung.

 

BACA JUGA: 6 Rahasia Skincare Anti-Aging Wanita Korea yang Perlu Anda Tahu

 

Ingatlah bahwa perawatan kulit memerlukan konsistensi dan kesabaran. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjaga kulit wajah tetap sehat dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami