Pulihkan Pernikahan Anda dengan Cara Alkitabiah, Yuk Praktikkan!
Sumber: canva.com

Marriage / 27 February 2024

Kalangan Sendiri

Pulihkan Pernikahan Anda dengan Cara Alkitabiah, Yuk Praktikkan!

Claudia Jessica Official Writer
523

Apakah saat ini Anda ingin melakukan perubahan untuk pernikahan Anda? Mungkin saat ini hubungan Anda dengan pasangan sedang mengalami masalah, atau mungkin semua berjalan dengan baik-baik saja, namun cinta di dalam pernikahan Anda mulai terasa hambar?

Siapapun dapat mengalami masalah dalam pernikahan. Siapapun bisa memiliki keinginan untuk mengalami perubahan. Jika Anda ingin mengalami perubahan namun belum berhasil mewujudkannya, bacalah artikel ini sampai selesai.

Sebagai manusia, kita cenderung menyalahkan orang lain atas kesulitan atau masalah yang kita alami. Tak jarang kita juga menyalahkan pasangan karena berbagai alasan. Kita bisa melihat apa yang dilakukan orang lain dengan sangat jelas, tetapi sulit untuk melihat diri kita sendiri saat menghadapi masalah.

 

BACA JUGA: Pasanganmu Tidak Membuatmu Bahagia?

 

Pertanyaannya sekarang ini adalah, apa yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah Anda dan merubah hidup Anda? Meskipun berdoa dan percaya kepada Tuhan adalah hal yang baik, kita juga perlu berhikmat dan bertindak.

Salomo berkata, “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu... Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu.” (Amsal 3:5-6, 21)

Mengeluh tidak akan membuat situasi kita lebih baik. Tuhan berjanji akan memberikan kita hikmat, dan kita harus bertindak. Tuhan mau kita untuk menghadapi masalah kita, belejar darinya, dan mengatasinya. Saat kita berusaha menghindari masalah dengan menyalahkan orang lain, atau bahkan menyalahkan setan sekalipun, kita tidak akan mendapatkan apapun. Faktanya, menyalahkan atau melimpahkan kesalahan kepada pihak lain tidak akan memperbaiki keadaan.

Akan lebih mudah jika kita bertindak sebagai korban yang tidak berdaya. Karena dibutuhkan keberanian besar untuk membuat perubahan.

Berharap tanpa melakukan apa-apa, tidak akan menghasilkan sesuatu. Rasul Paulus menasihati kita dalam Kolose 3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala.”

 

BACA JUGA: Menikmati Pernikahan, Bukan Hanya Sekedar Bertahan

 

Kita harus mengubah hati kita serupa dengan Kristus dalam segala hal. Transformasi hati akan mengubah cara kita menghadapi masalah dan cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Mari pertimbangkan 5 langkah berikut untuk membawa perubahan dalam hidup Anda: 

Pertama, milikilah dengan sikap hati yang benar. Alih-alih mengeluh tentang masalah di luar, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kita memiliki sikap hati yang benar. Sikap yang penuh dengan kepahitan hanya akan menghambat perubahan sensitif.

Kedua, carilah hikmat untuk menyelesaikan masalah Anda. Ketika hidup terasa sulit, maka kita haru mencari hikmat bagaimana masalah tersebut memasuki kehidupan kita. Lakukan evaluasi sikap kita, apakah sudah menjalani hidup yang berintegritas dengan menjalani Firman Tuhan.

Ketiga, fokuslah pada hidup Anda dan kontribusi Anda terhadap masalah Anda.  Daripada berfokus pada apa yang dilakukan orang lain, bukankah sebaiknya kita memeriksa kembali apa yang telah kita lakukan? Ketika kita menyadari bahwa perubahan dimulai dari diri kita sendiri, fokus kita pun mulai berubah. Tuhan mengubah cara kita berhubungan dengan orang lain. Hidup kita menjadi lebih tertib dan tenteram. 

Keempat, jadilah teladan bagi orang lain. Ketika Anda berjuang untuk mengubah hidup Anda, Anda bisa menjadi teladan bagi orang lain untuk melakukan hal serupa. Mereka yang melihat perubahan Anda, mungkin akan termotivasi dan bergabung dengan Anda untuk melakukan perubahan dalam hidupnya.

Terakhir, ambillah tanggung jawab atas perubahan yang Anda inginkan. Mantapkan tekad untuk mencapai perubahan yang Anda inginkan. Meskipun perubahan tidak terjadi secara instan, Tuhan ingin memberkati kehidupan kita. Tuhan akan menuntun setiap langkah Anda dan membimbing Anda untuk mengalami perubahan.

 

BACA JUGA: Tak Hanya Islam, KUA Akan Jadi Tempat Nikah Semua Agama

 

Apakah Anda merasa hidup Anda kacau? Apakah Anda pernah menyalahkan orang lain atas masalah yang Anda hadapi saat ini? Kami ingin membantu Anda mengalami perubahan. Izinkan kami memberikan dukungan dalam doa dan konseling, hubungi kami ya, WA: 0822-1500-2424. Tuhan memberkati.

Layanan Doa dan konseling CBN

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami