Banten Diguncang Gempa Beruntun, Terasa Hingga Jakarta dan Bandung
Sumber: BMKG

News / 25 February 2024

Kalangan Sendiri

Banten Diguncang Gempa Beruntun, Terasa Hingga Jakarta dan Bandung

Puji Astuti Official Writer
1739

Wilayah Banten diguncang gempa secara beruntun pada hari Minggu (25/2/2024). Berdasarkan rilis laman BMKG.go.id, gempa yang cukup kuat dengan Magnitudo 5.7 terjadi pada pukul 20.07 WIB dirasakan getarannya hingga wilayah Bandung dan Jakarta. Sedangkan pada puku 22.04 WIB gempa kembali terjadi dengan kekuatan M 5.1. 

Pusat gempa berada di laut 75 km Barat Daya Bayah, di kedalaman 10 km. Selain dua kali gempa dengan kekuatan di atas M 5, terjadi juga beberapa gempa dengan kekuatan M 2.7, M 3.1 dan M3.4 yang terjadi antara pukul 20.00-21.00 WIB.  

Menurut Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono yang dikutip oleh Detik.com, penyebab gempa adalah adanya aktivitas subduksi Lempang Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Banten. Daryono menyatakan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami dan menghimbau masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh dengan berbagai isu berkait dengan gempa bumi yang terjadi.  

Selain itu masyarakat diminta untuk tidak berada di bawah bangunan yang retak atau rusak karena gempa untuk berjaga-jaga.  

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," demikian himbauan dari Daryono.  

Hingga berita ini dirilis, belum ada informasi tentang kerusakan ataupun korban dari gempa yang terjadi. Untuk Anda yang merasakan gempa hari ini, pastikan memeriksa bangunan tempat tinggal Anda. Mari tetap berjaga-jaga dan berdoa agar Indonesia selalu dalam perlindungan Tuhan dan dijauhkan dari berbagai bencana. 

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami