3 Pedoman Berpakaian Saat Datang Ke Gereja
Sumber: pinteres.com

Kata Alkitab / 23 February 2024

Kalangan Sendiri

3 Pedoman Berpakaian Saat Datang Ke Gereja

Aprita L Ekanaru Official Writer
605

Gereja merupakan tempat suci di mana umat Kristen berkumpul untuk menyembah Tuhan. Sebagai tempat suci, gereja memiliki nilai dan norma yang perlu dihormati, salah satunya dalam hal berpakaian.

Gimana Gereja merupakan tempat suci di mana umat Kristen berkumpul untuk menyembah Tuhan. Sebagai tempat suci, gereja memiliki nilai dan norma yang perlu dihormati, salah satunya dalam hal berpakaian. 

Baru-baru ini girlband asal Korea KoreLE SSERAFIM mendapatkan kritik pedas dari netizen karena Syuting di Gereja dan menggunakan gaun yang seksi di atas Altar. Lalu bagaimana sih sebenarnya kita harus berpakaian ke gereja?

Alkitab memberikan beberapa prinsip dalam berpakaian yang dapat menjadi pedoman bagi umat Kristen, antara lain:

1. Kesopanan

"Demikian juga halnya dengan perempuan, hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal. Tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah." - 1 Timotius 2:9-10.

Ayat ini menekankan bahwa perempuan Kristen harus berpakaian dengan rapi dan sopan sopan, tidak dengan perhiasan yang berlebihan atau gaya rambut yang rumit. Hal ini juga berlaku bagi laki-laki, di mana mereka diharapkan untuk berpakaian dengan rapi dan sopan.

2. Kesederhanaan

“Perhiasanmu janganlah yang lahiriah, yaitu kepang rambut, memakai perhiasan emas atau mengenakan pakaian indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batin yang tersembunyi, yang tidak binasa, yang lembut dan tenteram, yang sangat berharga di hadapan Allah.” - 1 Petrus 3:3-4.

Ayat ini menekankan kesederhanaan dalam berpakaian, bukan fokus pada perhiasan atau pakaian yang mahal. Melainkan berfokus kepada iman kita kepada Tuhan.

3. Penghormatan

"Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas. Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!" - 1 Korintus 6:19-20.

Kita harus berpakaian dengan cara yang menunjukkan rasa hormat kepada Tuhan, diri sendiri, dan jemaat lain.

Pakaian yang pantas dipakai ke gereja bukan hanya tentang mengikuti aturan, tetapi juga tentang menunjukkan rasa hormat kepada Tuhan dan sesama jemaat. Dengan berpakaian dengan sopan dan sederhana, kita dapat menciptakan suasana ibadah yang kondusif dan fokus kepada Tuhan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami