Evelyn Belajar Berhutang Sejak Usianya 4 Tahun
Sumber: jawaban.com

Family / 20 February 2024

Kalangan Sendiri

Evelyn Belajar Berhutang Sejak Usianya 4 Tahun

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
1576

Evelyn merupakan siswi PAUD OBI Tanah Merah, Kelapa Gading. Ia adalah anak yang ceria dan mudah bergaul dengan lingkungan sekitarnya. Namun, beberapa kali ada kebiasaan yang tidak mengenakkan yang dialami pemilik warung di sekitar rumahnya. Evelyn seringkali membeli jajan tanpa membayar lebih dahulu atau berhutang. Setelah beberapa saat pemilik warung baru menyampaikan jumlah hutang Evelyn pada orang tuanya.  

Hal ini tentu menjadi pertanyaan kedua orang tuanya, dari siapa Evely belajar hal seperti ini? Sementara jika ia minta uang jajan, pasti akan diberikan. Ternyata lingkungan pertemanannya yang buruk membuat anak yang masih berusia 4 tahun ini jadi belajar untuk berhutang di warung.  

BACA JUGA : Hal Inilah yang Dilakukan PAUD untuk Melatih Fokus Alvin

“Rumah mu kan dekat, nanti mama mu yang bayar...” Kalimat inilah yang disampaikan oleh teman-temannya, sehingga mempengaruhi Evelyn. Meskipun jumlahnya tidak banyak, karena hanya 1000 hingga 2000 rupiah. Namun jika Evelyn tidak diberitahu bahwa tindakannya salah, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk hingga ia tumbuh besar nanti.  

Maka dari itu, setelah mendengar penjelasan dari orang tua Evelyn. Guru PAUD OBI Tanah Merah langsung memberikan pengertian pada Evelyn bahwa tindakannya itu tidak baik dan tidak boleh diulangi lagi.  

Guru PAUD OBI Tanah Merah tidak hanya memberikan pengertian, melainkan juga melakukan pendampingan saat kegiatan belajar mengajar menggunakan modul dari kurikulum Super5. Saat itu topik yang secara perlahan merubah Evelyn adalah tentang “Cita-citaku”, di mana topik tersebut membahas jati diri seorang anak yang sejak kecil harus ditanamkan pengertian tentang perilaku yang positif terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar.  

BACA JUGA : Transformasi Cio Si Anak Pemalu yang Tampil di Super Christmas

Kemudian topik hari itu dikaitkan dengan perbuatan yang dilakukan Evelyn. Guru PAUD OBI Tanah Merah mendekati Evelyn dan memberikan pemahaman padanya tentang akibat dari orang yang suka berhutang. Mendengarkan pemahaman tersebut membuat Evelyn berubah secara perlahan dalam kurun waktu 2 bulan.  

Ibu Evelyn sangat bersyukur pada perubahan Evelyn, karena bukan hanya tidak lagi berhutang, Evelyn kini berubah menjadi anak yang senang makan sayur mayur buatan ibunya. Karena sebelumnya Evelyn selalu memuntahkan dan membuah sayur tersebut setiap jam makan siang. Namun kini Evelyn selalu menghabiskan makan siangnya dengan lahap.  

Cahaya Bagi Negeri bersama tim kemanusiaan sedang melakukan perbaikan gizi buruk pada anak-anak di 15 PAUD dan 130 anak di daerah pelosok Indonesia. Maka dari itu, kami mengajak Anda untuk bekerjasama dengan CBN Kemanusiaan melalui Obor Berkat Indonesia, memberikan makanan bergizi untuk anak PAUD Super5 di daerah-daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Agar kedepannya Indonesia dapat menghasilkan generasi penerus yang sehat dan memiliki masa depan yang cerah. Kerjasama dan dukungan Anda bisa disalurkan dengan cara menghubungi KAMI DISINI 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami