Unik Banget! Gereja di Italia Gantung Buaya Berusia 500 Tahun, Punya Makna Tersendiri?
Sumber: santuaritaliani.it

News / 20 February 2024

Kalangan Sendiri

Unik Banget! Gereja di Italia Gantung Buaya Berusia 500 Tahun, Punya Makna Tersendiri?

Claudia Jessica Official Writer
547

Di sebuah kota kecil di Italia, ada sebuah gereja yang sangat unik. Gereja tua yang megah ini memiliki ‘ornamen’ istimewa, yaitu seekor buaya berusia 500 tahun yang digantung di langit-langit gereja tersebut.

Gereja tersebut bernama Santuario Della Beata Vergine Maria Delle Grazie, terletak di Curtatone, Mantova, Lombardia, Italia. Gereja ini terkenal karena memiliki seekor buaya yang diawetkan dan digantung dengan rantai besi di langit-langit.

Gereja di Italia Gantung Buaya Berusia 500 Tahun/Foto: Via santuariodellegraziecurtatone.it

Jangankan melihat, mendengar adanya buaya yang digantung di gereja saja sudah terasa aneh.

Faktanya, buaya ini sudah ada sejak lama. Meskipun bagaimana buaya tersebut bisa sampai ke gereja ini masih menjadi misteri, namun orang-orang di sini menghubungkan buaya tersebut dengan makna kekristenan.

 

BACA JUGA: Mimpi 15 Tahun Terwujud: Gereja Santo Benediktus Dibangun di Bandung

 

Pada zaman kuno, makhluk reptil seperti ular, naga, dan buaya dikaitkan dengan kejahatan. Buaya yang digantung di gereja ini tak hanya menjadi peringatan bagi pengunjung, tetapi juga sebagai simbol kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Buaya yang digantung di Gereja Santuario Della Beata Vergine Maria Delle Grazie adalah seekor buaya Nil yang diawetkan dan diyakini berusia setidaknya 500 tahun. Sementara gereja ini sendiri berasal dari abad ke-13.

Selama bertahun-tahun, banyak legenda tentang asal-usul buaya tersebut beredar di Lombardia. Ada yang percaya bahwa buaya itu ditangkap dan dibunuh setelah melarikan diri dari kebun binatang pribadi yang dimiliki oleh Francesco Gonzaga. Sedangkan yang lain berpendapat bahwa buaya itu menyerang dua bersaudara yang sedang beristirahat di tepi Sungai Mincio. Salah satu dari mereka meminta bantuan Perawan Suci, mengambil pisau, dan membunuh buaya itu.

 

BACA JUGA: Tokoh Gereja Baptis di Papua Ajak Umat Saling Mengasihi Tanpa Membeda-bedakan

 

Menurut legenda lainnya, buaya itu keluar dari kandangnya saat sebuah sirkus berhenti di daerah itu untuk pertunjukan. Konon, buaya itu bahkan diberkati dengan kemampuan berbicara kepada manusia oleh Perawan Suci.

Terlepas dari legendanya, buaya yang digantung di Santuario Della Beata Vergine Maria Delle Grazie bukanlah satu-satunya gereja yang menggantung buaya. Ada dua gereja lain di Italia yang juga memiliki buaya yang diawetkan, yaitu Gereja Santa Maria delle Vergini di Kota Macerata, dan Santuario della Madonna delle Lacrime di Ponte Nossa.

 

BACA JUGA: Suriah, Pusat Kekristenan Yang Hampir Punah

 

Sumber : odditycentral.com
Halaman :
1

Ikuti Kami