Siapa yang Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Bisa Menumbuhkan Iman Kita Lho
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 19 February 2024

Kalangan Sendiri

Siapa yang Sangka, 7 Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Bisa Menumbuhkan Iman Kita Lho

Claudia Jessica Official Writer
956

Iman bisa diibaratkan seperti otot dalam tubuh kita. Kita diberikan semua yang kita perlukan, tetapi jika kita tidak menggunakan atau melatih kekuatan tersebut, maka kekuatan itu akan menjadi lemah dan tidak efektif.

Yesus pernah berkata kepada kita bahwa jika kita memiliki iman meski sebesar biji sesawi, kita bisa memindahkan gunung yang besar. Maka dari itu, kita perlu memelihara dan menumbuhkan iman untuk menaklukkan hal-hal besar.

Tahukah Anda, ada 7 kebiasaan kecil yang bisa menumbuhkan iman kita? Mari kita lihat apa saja itu:

1. Bersyukur dalam segala hal

Kebiasaan kecil yang paling pertama untuk menumbuhkan iman adalah dengan bersyukur dalam segala hal seperti yang tertulis dalam 1 Tesalonika 5:18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

 

BACA JUGA: Jangan Heran, Ini Loh 5 Penghambat Pertumbuhan Iman Orang Kristen

 

Sangat mudah untuk mengucap syukur saat keadaan berjalan dengan baik, namun bagaimana jika sebaliknya? Namun demikian, Tuhan tetap ingin kita mengucap syukur dalam segala hal, sekalipun keadaannya mengecewakan, tidak menyenangkan, dan menyakitkan, karena itu dapat menumbuhkan iman kita, memurnikan kita, dan menjadikan kita semakin serupa dengan Yesus Kristus.

2. Mengingat kembali masa-masa yang Anda lalui bersama Tuhan

Dalam Alkitab, Allah memerintahkan umat-Nya untuk mengingat hal-hal yang Dia lakukan bagi mereka. Dia memerintahkan mereka untuk membangun mezbah lalu menceritakannya kepada banyak orang tentang hal besar yang Tuhan lakukan dalam hidup mereka.

Tuhan tahu bahwa manusia cenderung lupa, kemudian iman kita menjadi goyah. Jadi, ketika kita mengingat kembali apa yang telah Tuhan lakukan dalam hidup kita, iman kita akan kembali dan memampukan kita untuk menghadapi kenyataan yang sedang dihadapi saat ini.

3. Mencatat permintaan dan jawaban doa yang Anda dapatkan

Semakin banyak kita berbicara dengan Tuhan di dalam doa, semakin bertumbuh pula iman kita. Semakin banyak kita mengingat kembali apa yang Dia lakukan terhadap doa-doa kita, semakin kuat pula otot-otot kehidupan doa dan iman kita.

Ayo mulailah catat permohonan doa Anda ke dalam jurnal atau selembar kertas yang Anda simpan di Alkitab. Tulis tanggal saat Anda mengungkapkan permohonan doa Anda, lalu sorotlah permohonan doa yang telah Tuhan jawab dan catat tanggalnya. Anda juga bisa mencatat bagaimana cara Tuhan menjawab doa Anda.

 

BACA JUGA: 5 Cara Menolong Anda Pulih Dari Kekeringan Rohani

 

Perlu diingat, Tuhan tidak selalu menjawab doa kita dengan “YA”, terkadang Dia menjawabnya dengan “Tidak” ataupun “Tunggu”. Melihat, mencatat, lalu membaca kembali bagaimana Tuhan menjawab doa-doa Anda dapat membantu untuk membangun iman Anda kepada-Nya.

4. Memuji Tuhan setiap hari

Berbeda dengan bersyukur dalam segala hal seperti poin nomor 1, memuji Tuhan setiap hari artinya kita tidak hanya bersyukur atas apa yang Tuhan lakukan, melainkan memuji Tuhan apa adanya, bukan sekedar bersyukur untuk apa yang telah Ia kerjakan dalam kehidupan kita.

5. Bertanya hal besar pada Tuhan

Firman Tuhan memberitahu bahwa kita tidak mendapatkan apa-apa karena kita tidak berdoa dan bertanya kepada Tuhan (Yakobus 4:2). Saya yakin Tuhan sedang menunggu kita untuk meminta kepada-Nya. Tentu saja Dia akan menyediakannya ketika kita berdoa, “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya,” (Matius 6:11).

Mintalah sesuatu yang besar, yang berada diluar kendali manusia dan mustahil untuk kita capai sendiri. Ketika Anda menyaksikan Tuhan menjawabnya, hal tersebut akan membuat iman lebih kuat, terlebih saat Anda menyadari bahwa itu bukan hasil usaha Anda sendiri, melainkan perbuatan-Nya.

6. Meminta janji ilahi

Saya yakin, setiap harinya Tuhan memberkati dan menyertai kita untuk menjadi berkat bagi orang di sekitar kita dan membawa kemuliaan bagi nama-Nya. Yang kita butuhkan adalah mata yang dapat melihat janji-janji ilahi ini dan keberanian untuk bertindak berdasarkan janji-janji tersebut.

 

BACA JUGA: Bagaimana Menjalin Hubungan dengan Tuhan dalam Pertumbuhan Iman?

 

Ketika kita meminta janji ilahi untuk melayani seseorang, membuat perbedaan, memuliakan Tuhan, atau membagikan Injil, Tuhan pasti memberikannya. Keyakinan ini didasarkan pada 1 Yohanes 5: 14-15 yang memberitahu jika kita meminta sesuatu yang sesuai dengan kehendak-Nya, Dia akan mendengar dan kita akan menerimanya.

Jadi, mintalah janji ilahi-Nya, lalu bertindak berdasarkan janji tersebut. Hal ini akan membantu pertumbuhan iman Anda.

7. Menyebut nama-Nya

Ada kalanya kita membutuhkan Tuhan, tapi kita tidak tahu harus berkata apa atau harus mulai dari mana. Mulailah dengan menyebut nama-Nya dan kemudian ucapkan dalam hati Anda.

Firman Tuhan mengatakan bahwa ada kuasa di dalam nama Yesus, bukan hanya “Keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga” (Kisah Para Rasul 4:12), tetapi karena Yesus menanggapi setiap orang yang berseru kepada-Nya dan mengasihi-Nya.

Menyebut nama Yesus sesering mungkin adalah cara paling sederhana untuk merasakan kehadiran Tuhan atau sekedar mengingatkan diri kita sendiri bahwa Tuhan hadir dalam setiap keadaan hidup kita.

 

BACA JUGA: Semua Pertumbuhan Butuh Proses, Yesus Sendiri Mengalaminya!

 

Jika saat ini Anda merasa iman Anda sedang kendur, cobalah praktikkan 7 kebiasaan kecil di atas untuk menumbuhkan iman lagi.

Anda diberkati dengan artikel ini? Yuk bagikan artikel ini supaya lebih banyak orang lagi yang diberkati lewat tulisan ini.

Anda juga bisa menabur untuk mendukung pelayanan jawaban.com dengan menjadi mitra CBN lho. Caranya klik tombol di bawah ini dan berikan donasi Anda.

DONASI

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami