Kelebihan dan Kekurangan Membeli Barang Secara Cash dan Mencicil, Jangan Asal Memutuskan..
Sumber: Canva.com

Finance / 19 February 2024

Kalangan Sendiri

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Barang Secara Cash dan Mencicil, Jangan Asal Memutuskan..

Aprita L Ekanaru Official Writer
744

Membeli barang merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Namun, banyak orang yang dihadapkan pada pilihan antara membeli secara cash atau mencicil. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga penting untuk mempertimbangkannya dengan cermat sebelum memutuskan.

Kelebihan Membeli Barang Secara Cash

  • Harga Lebih Murah: Biasanya, pembeli akan mendapatkan harga yang lebih murah jika membeli barang secara cash dibandingkan dengan mencicil. Hal ini karena tidak ada bunga atau biaya tambahan yang perlu dibayarkan.
  • Terbebas dari Hutang: Dengan membeli secara cash, Anda terhindar dari beban hutang dan cicilan bulanan. Hal ini dapat memberikan ketenangan pikiran dan meningkatkan fleksibilitas keuangan Anda.
  • Proses Transaksi Lebih Cepat: Proses pembelian secara cash umumnya lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan mencicil. Anda tidak perlu melalui proses pengajuan kredit dan persetujuan dari pihak bank.
  • Memiliki Kontrol Keuangan yang Lebih Baik: Membeli secara cash membantu Anda untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Anda hanya akan membeli barang yang memang mampu Anda beli dengan uang yang Anda miliki.

 

Kekurangan Membeli Barang Secara Cash

  • Membutuhkan Dana Besar: Membeli barang secara cash membutuhkan dana yang besar di awal. Hal ini mungkin tidak memungkinkan bagi semua orang, terutama untuk barang-barang dengan harga yang tinggi.
  • Kehilangan Peluang Investasi: Dana yang digunakan untuk membeli barang secara cash bisa saja diinvestasikan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.
  • Kesempatan Mendapatkan Promo Cicilan Menarik: Terkadang, toko atau penjual menawarkan promo cicilan dengan bunga yang rendah atau bahkan tanpa bunga. Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi pembeli yang memilih untuk mencicil.

 

Kelebihan Membeli Barang Secara Mencicil

  • Memiliki Barang Lebih Cepat: Dengan mencicil, Anda bisa memiliki barang yang diinginkan lebih cepat meskipun belum memiliki cukup uang.
  • Mempermudah Pengelolaan Keuangan: Cicilan bulanan yang terencana dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan.
  • Memanfaatkan Promo Cicilan: Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan promo cicilan yang menarik untuk mendapatkan keuntungan.
  • Membangun Riwayat Kredit: Mencicil barang dapat membantu Anda membangun riwayat kredit yang baik, yang akan berguna di masa depan jika Anda ingin mengajukan kredit untuk keperluan lain.

 

Kekurangan Membeli Barang Secara Mencicil

Harga Lebih Mahal: Total harga yang dibayarkan untuk barang yang dibeli secara mencicil akan lebih mahal dibandingkan dengan membeli secara cash. Hal ini karena adanya bunga dan biaya tambahan yang perlu dibayarkan.

Beban Hutang: Mencicil berarti Anda memiliki hutang yang harus dibayarkan setiap bulan. Hal ini dapat menjadi beban keuangan dan mengganggu ketenangan pikiran.

Resiko Gagal Bayar: Jika Anda tidak mampu membayar cicilan, Anda beresiko terkena denda dan bahkan kehilangan barang yang Anda cicil.

Membeli barang secara cash dan mencicil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan terbaik tergantung pada situasi keuangan dan kebutuhan Anda. Pertimbangkan dengan cermat faktor-faktor seperti dana yang Anda miliki, kebutuhan Anda terhadap barang tersebut, dan kemampuan Anda untuk membayar cicilan sebelum memutuskan.

 

“Orang yang tidak dapat menguasai dirinya, bagaikan kota yang roboh dan tidak bertembok.” 

Amsal 25:28 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami