Jejak Keajaiban di Kota Nain, Orang Mau Dikuburkan Malah Dibangkitkan Oleh Yesus
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 15 February 2024

Kalangan Sendiri

Jejak Keajaiban di Kota Nain, Orang Mau Dikuburkan Malah Dibangkitkan Oleh Yesus

Puji Astuti Official Writer
610

Jika di tanya siapa nama orang yang pernah dibangkitkan Yesus dari kematian? Pasti kita akan menjawab Lazarus. Tapi tahukah Anda bahwa di Alkitab mencatat ada 3 orang yang dibangkitkan oleh Tuhan Yesus? Selain Lazarus ternyata ada juga anak perempuan Yairus dan seorang anak yang tidak disebutkan namanya. Alkitab hanya menyebut tempat asalnya  saja. Dia adalah anak seorang janda dari Nain.  

Dimanakah Nain saat ini dan apa yang menarik dari kebangkitan anak Janda dari kota Nain ini? Mari kita ikuti Fakta Alkitab kali ini.  

Lokasi Kota Nain 

Nain di jaman Yesus adalah kota kecil yang terletak di wilayah Galilea. Kota Nain berada sekitar 5-6 kilometer dari Gunung Tabor. Lokasi kota ini berada di dataran rendah di sebelah timur Galilea, lokasi ini sekitar 40 kilometer dari Kota Kapernaum di mana Yesus sering tinggal bersama para murid-murid-Nya.  

Kota Nain hanya disebut sekali saja di Alkitab, yaitu di Lukas 7: 11-17.  Kata "Nain" berarti "keindahan" atau "menyenangkan." Dalam bahasa Ibrani, Nain merujuk kepada keindahan padang rumput hijau. Mungkin nama tersebut diberikan karena lokasinya di lereng bukit dan  memberikan pemandangan yang indah padang rumput yang dihiasi bukit-bukit Nazaret, dengan puncak putih Gunung Hermon di kejauhan.  

Nain pernah mengalami masa-masa kemakmuran karena dilewati oleh jalur perdagangan, namun sebuah perubahan terjadi  dan kota itu tidak pernah pulih secara ekonomi. Sampai hari ini, Nain tetap menjadi pemukiman kecil dengan penduduk mayoritas Arab. Kota ini sekarang disebut dengan nama ‘Nein’, ‘Nin’, atau ‘Naim’. 

Peristiwa Kebangkitan Orang Mati di Sekitar Nain 

Selain anak seorang janda yang dibangkitkan oleh Tuhan Yesus Kristus, ternyata Alkitab mencatat peristiwa serupa sebelumnya  yang terjadi tak jauh dari Kota Nain yaitu Kota Sunem.  

Pada jaman Nabi Elisa, ada seorang perempuan yang murah hati namun mandul. Ia minta di doakan Elisa agar mendapatkan seorang anak dan Tuhan mengabulkannya. Namun di kemudian hari, anak tersebut sakit dan mati. Wanita itu datang dan meminta tolong Elisa untuk membangkitkan anaknya itu.  

Tahukah Anda bahwa kota Sunem dan kota Nain hanya berjarak sekitar 6 kilometer jauhnya, sehingga apa yang pernah terjadi di kota Sunem dan di catat Alkitab begitu membekas di benak orang-orang di kota Nain.  

Sebab itu ketika anak janda di kota Nain itu dibangkitkan, respon orang-orang yang melihatnya mereka berkata, "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita” (Lukas 7:16). Nabi besar yang pernah membangkitkan orang mati itu adalah Elisa, jadi ketika Yesus melakukannya maka mereka langsung mengidentifikasi bahwa Dia juga seorang nabi yang diurapi.  

BACA JUGA:

Orang Mati Bisa Hidup Kembali Pada Zaman Ini? #FaktaAlkitab

Fakta Alkitab: Mujizat Air Jadi Anggur di Kana, Asalnya dari Air Pembasuh Kaki

Nain Saat Ini 

Di kota Nain saat ini berdiri sebuah gereja kecil yang menjadi pengingat mujizat luar biasa yang Yesus lakukan di sana. Gereja itu di jaga oleh sebuah keluarga Arab di sana, dan hanya dibuka saat ada peziarah yang datang.  

Tampilan gereja kecil itu sangat sederhana, hanya terdapat dua lukisan, sebuah tiang dan sebuah peti mati batu. Penggalian arkeologi yang dilakukan di lokasi tersebut sejauh ini telah mengungkap sisa-sisa bangunan dari periode Mamluk (abad ke 13-14 Masehi), dan hanya sedikit temuan kecil dari periode Romawi dan Bizantium (abad ke1 hingga 7 Masehi). 

Kenapa Yesus membangkitkan anak janda di Kota Nain ini?  

Dari Lukas 7 kita belajar bahwa Tuhan Yesus digerakkan oleh belaskasihan ketika melihat seorang janda yang kehilangan anak laki-laki satu-satunya. Tuhan tidak tutup mata dengan kesedihan dan kesulitan yang di hadapi oleh Janda tersebut. Faktanya karena kematian anak laki-lakinya itu ia kehilangan perlindungan dan juga hanya bisa hidup dari belaskasihan kerabatnya. Namun Tuhan Yesus menunjukan kasih-Nya, membangkitkan anaknya dan kejadian itu menjadi demonstrasi akan kuasa Allah.  

Karena peristiwa itu, Alkitab mencatat, “kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.” (Lukas 7:17).  

Mungkin kita menghadapi masalah seperti janda itu, berada di dalam kondisi dimana harapan kita satu-satunya hancur. Namun percayalah bahwa Tuhan Yesus tidak menutup mata, Dia tahu kondisi Anda. Yesus mengasihi Anda, dan akan menolong Anda tepat pada waktunya. Ketika kita percaya dan berharap kepada-Nya, mujizat terjadi. Dan melalui apa yang terjadi dalam hidup kita, maka kabar tentang Yesus tersebar, untuk itu kita harus menjadi saksi akan kasih dan kuasa Allah yang dinyatakan dalam hidup kita.  

Dalam setiap permasalahan yang besar, maka kuasa Allah akan dinyatakan dengan hebat. Semoga Fakta Alkitab kali ini memberkati dan membangkitkan iman Anda ya. Jika Anda sedang dalam pergumulan dan butuh seseorang yang menguatkan dan berdoa bagi Anda, yuk hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Tuhan Yesus memberkati.  

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami