Apa Kata Gereja-gereja di Indonesia Tentang Pelayanan CBN?
Sumber: Jawaban.com

Berita CBN / 12 February 2024

Kalangan Sendiri

Apa Kata Gereja-gereja di Indonesia Tentang Pelayanan CBN?

Lori Official Writer
669

Di tahun 2024 ini, CBN Indonesia akan segera meluncurkan program pemuridan orangtua The Parenting Project. Ini merupakan wujud dari misi CBN Indonesia menghadirkan pemuridan yang holistik di Indonesia, dimana anak dan keluarga mengalami transformasi secara utuh dan menyeluruh melalui pemuridan di gereja lokal. 

CBN hadir menjadi penolong bagi gereja dengan menyediakan kurikulum pemuridan bagi gereja-gereja lokal. Adapun lebih dari 5000 gereja sudah menggunakan kurikulum Superbook untuk sekolah minggunya, sebanyak 320 sekolah PAUD menerapkan kurikulum Super5 serta hampir sebanyak 80 gereja yang memuridkan anak setiap hari melalui Sanggar Belajar School of Life. Dan di tahun ini akan menyusul ribuan gereja diperlengkapi melalui modul pemuridan orangtua The Parenting Project.

Kerja sama yang dibagun antara CBN dan gereja lokal bahkan telah menghasilkan dampak besar bagi ribuan anak yang kami layani. Bahkan uji coba The Parenting Project yang telah dilakukan di akhir tahun 2023 silam sangat memberkati ratusan orangtua yang terlibat. 

Ketua Umum BPH Majelis Sinode Gereja Amin, Bishop Sarofati Gea, salah satu sinode gereja yang bermitra dengan CBN Indonesia dengan terang menyampaikan bagaimana program pemuridan yang dibuat CBN telah banyak menolong guru sekolah minggu, guru PAUD maupun orangtua. 

“Jadi dari sisi pelayanan anak, CBN sangat membantu gereja. CBN juga memberikan pelatihan-pelatihan bagimana menggunakan modul itu. Dan kita juga menyadari perlu penguatan kepada orangtua-orangtua karena itu muncul The Parenting Project. Ini adalah program yang melengkapi kerinduan kami karena ketika orangtua bisa menjadi model dan teladan bagi anggota keluarga, maka itu mentransformasi lingkungannya,” ungkap Bishop Sarofati melalui sesi wawancara bersama CBN Indonesia di acara Sidang MPL PGI di Kepulauan Mentawai pada 26-29 Januari 2024 lalu.

 

Melalui uji coba The Parenting Project ini, menurut Bishop Sarofati, banyak orangtua yang menyadari kesalahan-kesalahan yang sudah mereka lakukan selama ini. Sehingga orangtua bbisa berbenah diri untuk tidak lagi mengulangi kesalahannya dan menjadi orangtua yang lebih baik bagi anak.

Sementara Ephorus Gereja AFY Nias, Pendeta Yanti Kurniatman Hura turut berterima kasih karena CBN memiliki hati menolong gereja yang sangat terbatas secara sumber daya dan mengingatkan kembali gereja pentingnya pelayanan anak.

“Berkat kehadiran CBN di Sinode AFY, sekarang banyak gereja mulai peduli terhadap pelayanan anak. Dulu keterbatasan kami dalam sumber daya manusia membuat pelayanan anak menjadi nomor dua, tetapi puji Tuhan kehadiran CBN mengingatkan kami bahwa pelayanan anak itu sungguh amat penting,” ungkap Pdt. Yanto.

Ia juga berharap program The Parenting Project bisa menjadi alat untuk memulihkan keluarga-keluarga di Pulau Nias. “Bagaimana seorang ayah dan ibu saling mengasihi dan bagaimana orangtua itu mendidik anak ke hal positif dan mengajak anak untuk senantiasa terlibat di dalam mengenali firman Tuhan di dalam kehidupan sehari-hari dan betul-betul mencintai Tuhannya lewat ibadah pagi dan malam,” pungkasnya.

Di sisi lain, persoalan keluarga yang ditemukan di tengah gereja menjadi alasan bagi Sinode GKE merasa penting untuk bermitra dengan CBN Indonesia di waktu dekat ini. Ketua Umum Sinode GKE, Pendeta Simfon F Lion menyampaikan bagaimana dia menemukan jawaban yang dibutuhkan oleh gerejanya melalui program pemuridan CBN.

“Saya melihat program dari CBN ini sifatnya menyeluruh. Karena saya lihat dia mulai dari anak-anak. Saya melihat pendampingan yang sangat holistik untuk gereja. Dan saya berpengharapan besar CBN bisa memenuhi harapan GKE untuk menjadi rekan sekerja dalam pembinaan dan pendampingan terhadap anak-anak dan gereja dan juga yang terakhir untuk para orang tua. Saya percaya CBN bisa memenuhi harapan,” ungkap Pendeta Simfon.

Di tahun ini, CBN rindu bisa bersinergi bersama gereja-gereja lokal di Indonesia untuk mewujudkan penggenapan Amanat Agung ilahi yaitu memuridkan seluruh bangsa. Kami bahkan tidak hanya menyediakan pemuridan anak dan orangtua, tetapi juga menghadirkan pelayanan berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga-keluarga yang kami layani yaitu melalui pemberian modal usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan kelompok tani, penyediaan sumur dan air bersih, pelayanan kesehatan serta perbaikan gizi. 

Ini adalah pelayanan yang sangat besar dan kami tidak bisa melakukannya sendiri. Masih ada ribuan gereja yang perlu diperlengkapi, ribuan anak dan keluarga yang perlu dimuridkan. Dukungan dari Anda akan menentukan tergenapinya Amanat Agung atas bangsa ini. Jika Anda tertarik ingin mengerjakannya bersama-sama dengan kami, Anda bisa memberikan dukungan dengan cara menjadi Mitra CBN dengan cara klik DI SINI.

Halaman :
1

Ikuti Kami