6 Tips Hemat Ala Ibu-ibu di Jepang yang Patut Ditiru Nih Moms!
Sumber: Canva.com

Finance / 11 February 2024

Kalangan Sendiri

6 Tips Hemat Ala Ibu-ibu di Jepang yang Patut Ditiru Nih Moms!

Aprita L Ekanaru Official Writer
617

Ibu-ibu Jepang terkenal dengan kemampuannya dalam mengelola keuangan dan menabung. Di tengah biaya hidup yang tinggi di Jepang, mereka mampu menyisihkan uang untuk masa depan dan mencapai tujuan finansial mereka. Berikut adalah beberapa tips hemat ala ibu-ibu Jepang yang bisa Anda terapkan:

1. Menerapkan Metode Kakeibo

Kakeibo adalah metode pencatatan keuangan tradisional Jepang yang sudah ada sejak abad ke-19. Metode ini membantu ibu-ibu Jepang untuk melacak pengeluaran mereka dengan detail dan merencanakan anggaran bulanan yang realistis.

2. Membuat Daftar Belanja

Sebelum pergi berbelanja, ibu-ibu Jepang selalu membuat daftar belanja terlebih dahulu. Hal ini membantu mereka untuk fokus pada apa yang benar-benar mereka butuhkan dan menghindari pembelian impulsif.

3. Memasak Sendiri

Makan di luar di Jepang bisa mahal, sehingga ibu-ibu Jepang lebih memilih untuk memasak sendiri di rumah. Mereka sering memanfaatkan bahan-bahan yang sedang musim dan mencari resep yang hemat dan mudah dibuat.

4. Memanfaatkan Diskon dan Promo

Ibu-ibu Jepang selalu mencari diskon dan promo saat berbelanja. Mereka sering mengunjungi supermarket di hari-hari tertentu di mana terdapat diskon khusus untuk produk-produk tertentu.

5. Memperbaiki Barang yang Rusak

Di Jepang, budaya "mottainai" atau "sayang membuang-buang" masih sangat kental. Ibu-ibu Jepang berusaha untuk memperbaiki barang yang rusak daripada langsung membelinya.

6. Berhemat dalam Hal Hiburan

Ibu-ibu Jepang tidak selalu menghabiskan uang untuk hiburan yang mahal. Mereka sering mencari alternatif hiburan yang lebih murah, seperti pergi ke taman, membaca buku, atau menonton film di rumah.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami