Mimpi 15 Tahun Terwujud: Gereja Santo Benediktus Dibangun di Bandung
Sumber: Canva.com

News / 22 January 2024

Kalangan Sendiri

Mimpi 15 Tahun Terwujud: Gereja Santo Benediktus Dibangun di Bandung

Aprita L Ekanaru Official Writer
639

Panjangnya penantian umat Katolik di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat akhirnya membuahkan hasil. Setelah melalui proses perjuangan selama 15 tahun, pembangunan rumah ibadah yang dinamakan Gereja Santo Benediktus akhirnya dimulai. Gereja ini akan berdiri megah di kawasan Kota Baru Parahyangan, Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif, menyampaikan rasa syukur atas dimulainya pembangunan tersebut. "Alhamdulillah setelah 15 tahun prosesnya, hari ini dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gereja," ujarnya usai melaksanakan ground breaking di Padalarang pada Senin (22/1/2024).

Arsan menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung Barat memberikan dukungan terbuka terhadap izin pendirian rumah ibadah untuk berbagai agama. "Tidak ada masalah soal izin mendirikan bangunan rumah ibadah, karena itu sudah diatur di dalam undang-undang. Pemerintah menjamin sekali keamanan dan kenyamanan beribadah," kata Arsan. Lamanya proses perolehan izin pembangunan gereja ini disebabkan oleh sulitnya masyarakat Katolik untuk mendapatkan restu pendirian gereja dari lingkungan sekitar.

Sebelum pembangunan dimulai, beberapa syarat harus dipenuhi, antara lain minimal 90 jemaah, dukungan paling sedikit dari 60 warga sekitar, rekomendasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bandung Barat.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja Santo Benediktus dan sekaligus Rektor Universitas Parahyangan (Unpar), Tri Basuki Joewono, menjelaskan bahwa proses panjang tersebut terutama terkait dengan pencarian dukungan dari masyarakat sekitar. "Sebenarnya 15 tahun itu bukan kendala. Tapi kita memang butuh interaksi dengan warga. Jadi membangun gereja itu bukan persoalan bangunannya. Tapi kita sedang membangun kerukunan," ungkapnya.

Diharapkan, dengan dimulainya pembangunan Gereja Santo Benediktus, akan terwujudnya tempat ibadah yang menjadi pusat keberagaman dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Bandung Barat.

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami