Hal Inilah yang Dilakukan PAUD untuk Melatih Fokus Alvin
Sumber: jawaban.com

Family / 20 January 2024

Kalangan Sendiri

Hal Inilah yang Dilakukan PAUD untuk Melatih Fokus Alvin

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
867

Alvin adalah seorang siswa PAUD Super5 yang berusia 6 tahun. Ketika berada di kelas ia tidak bisa menjadi pribadi yang tenang dan ini menjadi pergumulan guru-guru PAUD yang ada di PAUD Pengharapan Sejati, Deli Serdang. 

Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, Alvin akan mengganggu teman-temannya dengan mencoret buku yang mereka gunakan, berlari-larian keluar kelas, dan mengambil alat tulis yang temannya gunakan. Perilaku Alvin yang seperti itu mempengaruhi banyak hal, seperti kegiatan belajar mengajar jadi terhambat, fokus teman-teman Alvin jadi terpecah, selain itu Alvin jadi sering tertinggal jauh dari teman-temannya. 

BACA JUGA : Bimbingan PAUD Ini Merubah Sandro

Guru Alvin mulai membicarakan hal ini pada kedua orangtuanya untuk mencari solusi dari permasalahan karakter Alvin yang tidak bisa tenang. Orang tua Alvin juga sudah berusaha untuk membimbing dan mengarahkan Alvin, namun tidak berhasil. Sehingga orang tua Alvin mengembalikan hal ini pada Guru-gurunya di PAUD. 

Setelah mencoba berbagai cara, akhirnya Alvin mulai menunjukkan sikap patuh dan mau mengikuti pelajaran setelah menonton video pembelajaran interaktif saat pembelajaran Super5 di Topik 1 Subtopik 1 mengenai "Aku Sayang Diriku". Sehingga dapat disimpulkan kalau Alvin akan lebih tenang dan mau belajar jika belajar melalui sebuah tayangan video. Ia akan lebih tertarik dan fokus. Pada pelajaran materi tersebut Guru juga menyampaikan bagaimana bentuk menyayangi diri sendiri saat belajar. 

BACA JUGA : PAUD Ini Mampu Memunculkan Keberanian Anak Lewat Event Super Christmas

Sehingga guru PAUD Pengharapan Sejati pelan-pelan menggunakan pembelajaran yang interaktif untuk kegiatan belajar agar bisa melatih fokus Alvin. Beberapa kali guru menanyakan pertanyaan-pertanyaan menantang dan menayangkan media pembelajaran dari Super5. 

Kini Alvin sudah menjadi pribadi yang lebih tenang dan fokus dalam mengikuti pelajaran. Secara akademis, Alvin juga menunjukkan peningkatan dan mulai lebih aktif menjawab saat ada pertanyaan diajukan oleh guru. Perubahan pada Alvin adalah salah satu contoh media interaktif yang disediakan oleh Super5 ternyata dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi anak, serta dapat membantu siswa seperti Alvin jadi lebih tertarik pada materi yang disampaikan. 

PAUD Pengharapan Sejati adalah satu dari 320 pendidikan usia dini yang bergabung dengan Kurikulum Super5 di daerah pelosok Indonesia dan Alvin merupakan salah satu dari 5.920 anak yang CBN layani lewat Program Super5. Mari bergabung bersama kami untuk melayani anak-anak di daerah  Terdepan, Terluar dan Tertinggal lewat pendidikan dan jadilah berkat bagi mereka!

 

SAYA MAU JADI BERKAT! 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami