Ini 5 Peran Penting Suami Kristen Bagi Istrinya
Sumber: Canva.com

Marriage / 19 January 2024

Kalangan Sendiri

Ini 5 Peran Penting Suami Kristen Bagi Istrinya

Aprita L Ekanaru Official Writer
701

Pernikahan adalah suatu ikatan suci yang diberkati oleh Tuhan. Dalam pernikahan, suami dan istri memiliki peran masing-masing yang harus dijalankan dengan baik. Suami memiliki peran yang penting dalam kehidupan istri, baik secara fisik, mental, maupun spiritual.

 

BACA JUGA: Sudahkah Para Suami Memahami Pentingnya Melibatkan Diri dan Berperan Dalam Mengasuh Anak?

 

Alkitab memberikan petunjuk yang jelas tentang peran suami bagi istri. Berikut adalah 5 peran suami bagi istri dalam Alkitab:

1. Suami adalah kepala keluarga

Alkitab menyatakan bahwa suami adalah kepala keluarga (Efesus 5:23). Hal ini berarti bahwa suami memiliki tanggung jawab untuk memimpin keluarga. Suami harus menjadi teladan bagi istri dan anak-anaknya, serta memimpin mereka dalam hal spiritual, moral, dan materi.

Efesus 5:22-24

"Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.."

 

2. Suami mengasihi istri

Kasih adalah dasar dari pernikahan yang bahagia. Suami harus mengasihi istri dengan kasih yang tulus dan tanpa syarat. Kasih suami haruslah nyata dalam tindakan dan perkataannya.

Efesus 5:25-28

"Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela. Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri."

 

3. Suami memenuhi kebutuhan istri

Suami bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan istri, baik secara fisik, mental, maupun spiritual. Suami harus menyediakan kebutuhan fisik istri, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Suami juga harus memenuhi kebutuhan mental istri, seperti kasih sayang, perhatian, dan pengertian. Suami juga harus memenuhi kebutuhan spiritual istri, dengan memimpinnya dalam kehidupan rohani.

1 Korintus 7:3

"Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya."

 

4. Suami melindungi istri

Suami harus melindungi istri dari segala bahaya, baik secara fisik maupun rohani. Suami harus menjadi pelindung bagi istri, baik di dalam maupun di luar rumah.

1 Petrus 3:7 TB

"Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang."

 

5. Suami menjadi teman bagi istri

Suami harus menjadi teman bagi istri. Suami harus menjadi orang yang setia serta dapat diandalkan dan diajak berbagi suka dan duka.

Maleakhi 2:14-15

"Dan kamu bertanya: ”Oleh karena apa?” Oleh sebab Tuhan telah menjadi saksi antara engkau dan istri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan istri seperjanjianmu. Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh?"

 

BACA JUGA: Uang Bulanan Kurang, Gimana Cara Ngobrol Sama Pasangan Tanpa Menimbulkan Konflik?

 

Peran suami bagi istri adalah peran yang penting dan mulia. Suami yang menjalankan peran-perannya dengan baik akan dapat menciptakan keluarga yang bahagia dan harmonis.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami