5 Hal yang Sebaiknya Tidak Anda Bagikan di Media Sosial
Sumber: canva.com

Single / 19 January 2024

Kalangan Sendiri

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Anda Bagikan di Media Sosial

Claudia Jessica Official Writer
657

Siapa yang tidak memiliki media sosial di zaman sekarang ini? Hampir semua orang, dari generasi muda sampai orang tua memiliki media sosial. Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari yang tak terpisahkan.

Melalui media sosial, kita dapat menjalin hubungan dengan keluarga jauh, teman, bahkan dengan seluruh orang di dunia luas.

Namun, semakin canggihnya teknologi, semakin banyak juga kejahatan yang terjadi. Melalui media sosial, terkadang kita tanpa sadar telah menyebarkan data-data pribadi yang seharusnya tidak untuk dilihat oleh publik. Misalnya, alamat pribadi, nomor telepon, identitas keluarga, dan masih banyak lagi.

 

BACA JUGA: Ketahui 5 Prinsip Medis dari Kasus Meninggalnya Bayi yang Menjalani Sesi Foto Newborn

 

Inilah 5 hal yang harus kita perhatikan dan tidak disebarkan melalui media sosial:

1. Nama Asli atau Nama Lengkap

Nama adalah identitas pribadi yang paling dasar. Meskipun sebagian dari kita mungkin merasa nyaman menggunakan nama lengkap di platform online, ada risiko potensial yang terkait dengan itu.

Nama lengkap dapat memberikan akses ke informasi lain, seperti alamat atau nomor telepon, dan informasi lainnya yang mungkin tersebar di internet. Maka dari itu, marilah kita bersikap bijak untuk menjaga privasi diri kita sendiri.

2. Nomor Pribadi atau Nomor WhatsApp

Nomor telepon adalah pintu masuk langsung ke kehidupan pribadi seseorang. Melalui nomor telepon, orang lain dapat mencari identitas lengkap dengan berbagai alat yang bisa digunakan secara gratis di internet.

Untuk itu, disarankan untuk hanya mencantumkan nomor bisnis yang tidak terkait dengan kehidupan pribadi Anda. Memberikan nomor pribadi dapat membuka pintu bagi panggilan atau pesan yang tidak diinginkan, dan dapat mengungkapkan identitas pribadi Anda lebih jauh.

 

BACA JUGA: Perbedaan Antara Penggemar dan Pengikut Kristus, Anda yang Mana?

 

3. Real Time Location

Banyak orang suka sekali membagikan momen, terutama ketika sedang berlibur. Namun, tahukah Anda bahwa berbagi lokasi secara real-time dapat membahayakan keamanan Anda?

Ketika Anda merasa bahagia dengan membagikan momen di tempat-tempat tertentu, tanpa sadar banyak orang mengetahui keberadaan Anda. Ketika hal ini terjadi, tidak menutup kemungkinan adanya orang yang ingin mengikuti Anda.

Jika ingin membagikan momen liburan, sebaiknya lakukan setelah Anda meninggalkan lokasi tersebut. Ini membantu mencegah informasi tentang keberadaan Anda saat ini jatuh ke tangan yang salah, yang dapat digunakan untuk tujuan yang tidak baik.

4. Foto Privasi

Foto-foto yang berkaitan dengan data pribadi, seperti nomor rekening, nomor ATM, nomor SIM, nomor NPWP, NIM, atau alamat rumah, sebaiknya tidak diunggah di media sosial. Meski kita tidak pernah menyebarkannya secara terang-terangan, terkadang informasi seperti itu dapat tersebar tanpa sadar. Perhatikan kembali apa yang hendak Anda unggah di media sosial. Informasi semacam ini dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Foto Anggota Keluarga

Mengunggah kebersamaan dengan anggota keluarga di media sosial menjadi momen yang menyenangkan. Kita berniat untuk mengabadikan momen tersebut di akun media sosial kita. Sayangnya, hal ini juga dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

BACA JUGA: Ramai Bahas Artificial Intelligence, Inikah Waktunya Orang Kristen Harus Melek Teknologi?

 

Untuk menjaga keamanan mereka, sebaiknya blur atau sensor foto anggota keluarga, terutama jika kita menyadari adanya potensi risiko atau ancaman keamanan.

Menggunakan media sosial menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun ingatlah untuk menjaga privasi dan keamanan pribadi. Dengan demikian, kita dapat bermain media sosial dengan lebih aman dan menyenangkan. Ingatlah untuk melihat kembali apa yang hendak Anda unggah di media sosial.

Anda diberkati dengan artikel ini? Yuk bagikan ke media sosial dan teman-teman agar Anda juga bisa menjadi berkat lewat cara sederhana ini.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami